Sukses

Entertainment

Film 90-an, Robert Downey Jr Antara Chaplin, Narkoba dan Iron Man

Fimela.com, Jakarta Film Spider-Man: Homecoming yang baru saja dirilis mendapat sambutan bagus dan menjadi box office. Selain Tom Holland, film ini juga dibintangi Robert Downey Jr yang sudah dikenal di era 90-an. Pemilik nama Robert John Downey Jr ini memang penuh warna dan kontroversi.

Pria kelahiran California, 4 April 1965 ini lahir dari keluarga bintang film. Ayahnya seorang sutradara dan ibunya seorang aktris. Downey sendiri sudah bermain film sejak umur 5 tahun di film Pound yang disutradarai oleh ayahnya, Robert Downey Sr. Namun namanya baru dikenal luas setelah bermain di film Less Than Zero (1987) dan Air America (1990) bersama Mel Gibson.

Era 90-an jadi awal kesuksesan Robert Downey Jr. Aktingnya kerap mendapat banyak pujian. Salah satunya adalah perannya sebagai komedian legendaris Charlie Chaplin di film Chaplin (1992). Di film itu Downey buat pertama kalinya masuk nominasi Piala Oscar sebagai Aktor Terbaik.

Sejak itu namanya makin menjulang. Di film Chaplin, Downey juga bertemu dengan Marissa Tomei. Keduanya sempat berpacaran dan kembali bermain bersama di film Only You (1994). Uniknya, mereka kembali bermain bersama di Captain America Civil War (2016) dan Spider-Man: Homecoming (2017). Sayangnya masalah narkoba dan alkohol sempat menghambat karirnya.

Istimewa Setelah bebas dari penjara karena narkoba di tahun 2000, Robert Downey Jr mendapat peran di serial televisi Ally McBeal. Dengan aktingnya yang memikat, ia berhasil meraih piala di ajang Golden Globe Awards 2001. Namun lagi-lagi Downey bermasalah dengan narkoba dan kembali harus menjalani rehabilitasi. Setelah bebas dan bersih dari narkoba, Downey sempat dihindari banyak produser.

Tapi berkat bantuan Mel Gibson, ia kembali mampu menapaki karir di Hollywood. Gibson memberinya peran di film The Singing Detective yang diproduseri oleh Gibson. Dalam kontraknya, Downey bersedia bayarannya dipotong kalau ia kembali kecanduan narkoba saat proses syuting. Usaha itu cukup sukses dan Downey kemudian bermain di film Gothika yang mempertemukannya dengan produser Susan Levin yang kemudian menjadi istrinya.

Robert Downey Jr pemeran Iron Man. (Bintang/EPA)Downey kemudian bermain di film komedi Tropic Thunder yang membuatnya kembali jadi nominator sebagai Aktor Pendukung Terbaik di ajang Oscar 2009. Terobosan besar diperoleh Robert Downey Jr setelah mendapat peran sebagai Tony Stark alias Iron Man. Film Iron Man yang diproduksi Marvel sukses besar saat dirilis pada 2008. Sejak itu pamor Robert Downey Jr makin meroket.

Ia bahkan sempat menjadi Aktor Termahal Dunia di tahun 2014 dan 2015. Di film Spider-Man: Homecoming, Downey untuk ketujuh kalinya tampil sebagai Tony Stark/Iron Man. Peran yang membawa keberuntungan baginya itu akan kembali dibawakan Downey di dua film Avengers berikutnya. Nama Robert Downey Jr dipastikan bakal tetap berkibar setelah merintis karir sejak era 80-an dan 90-an.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading