Sukses

Entertainment

5 Hal yang Dilakukan Ben Kasyafani Dampingi Tumbuh Kembang Sienna

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti memiliki cara tersendiri untuk mendidik buah hatinya, termasuk Ben Kasyafani. Untuk Sienna Ameerah Kasyafani, putrinya yang saat ini berusia 4 tahun, mantan suami Marshanda tersebut memiliki kiat tersendiri untuk mendampingi buah hatinya yang mulai tumbuh semakin besar.

Memiliki banyak kesibukan nyatanya tak membuat Ben Kasyafani lupa atas tanggungjawabnya memberikan pendidikan moral pada Sienna. Tak melulu soal sesuatu yang formal, Ben Kasyafani pun memiliki beberapa hal penting yang selalu ia terapkan untuk mendampingi tumbuh kembang anaknya tersebut.

1. Selalu Hadir.

Dikatakan Ben, kehadiran fisik dari orangtua sangatlah penting untuk melakukan bimbingan terhadap anak. Sebisa mungkin, Ben akan selalu meluangkan waktunya untuk memiliki waktu khusus bersama buah hatinya.

"Hadir maksudnya bukan hanya fisiknya, tapi hadir disitu untuk 100 persen, tanpa terganggu apapun. Fisik kita mungkin disitu, tapi kalau jiwanya nggak disitu anak bisa merasakan. Ini tantangan nih buat semua orangtua, terutama bapak. Tantangannya kayak pulang ke rumah bawa pekerjaan, gadget, sosial media, jadi banyak tantangan buat ayah sih," ujar Ben Kasyafani.

Mengingat hubungannya dengan sang mantan suami, Ben Kasyafani, semakin membaik. Marshanda pun juga semakin sering bertemu Sienna dengan mudah. Contohnya saat bulan Ramadhan ini Marshanda banyak bertemu Sienna. (Instagram/marshanda99)

2. Mendengarkan.

Meneruskan dari apa yang dimaksud Ben di atas, hal penting berikutnya adalah adanya komunikasi yang baik dengan buah hati. Tak melulu satu arah, Ben membuka seluas-luasnya waktu untuk Sienna menceritakan apapun yang dialaminya dalam satu hari.

"Mendengarkan maksudnya anak menyampaikan apa, kita dengarkan. Kita kasih respon yang membuat dia terstimulasi untuk lebih lagi, misalkan lebih bertanya lagi, jadi memancing dia buat cerita, kita juga cerita," terangnya.

Sienna Ameerah Kasyafani anak Ben Kasyafani dan Marshanda. (@benkasyafani)

3. Perhatian.

Tak selalu soal hadiah, Menurut Ben, perhatian terhadap anak bisa dilakukan dengan banyak cara. Dan, salah satu yang ia bersama istrinya, Ines lakukan adalah selalu memberikan apresiasi atas segala sesuatu yang dilakukan oleh Sienna.

"Misalkan dia gambar, kayak Sienna kemarin gambar bunga, yaa kita apresiasi meski bentuk daunnya nggak sesuai misalnya. Bukannya membohongi, tapi buat dianya bukan masalah bener atau salah, tapi membiarkan dia berekspresi," papar Ben.

"Dia take care banget sama aku, sama Siena, keluarga dari awal menikah sampai sekarang, karena kami taaruf, jadi makin hari makin penasaran, jadi semakin cinta. Semakin tumbuh rasa sayangnya," ujar Ines. (Instagram/nesyanabila)

4. Sabar.

Seperti anak-anak pada umumnya, Sienna, menurut Ben Kasyafani termasuk anak yang moody. Jika sudah begitu, ia dan Ines sebagai orangtua harus memiliki rasa sabar yang berlebih untuk menghadapi Sienna.

"Sabarnya harus lebih banyak. Dia marah yaa kita jangan marahin lagi. Yang dia mau adalah kita tidak bereaksi marah, yang ada dia akan semakin marah. Tapi kita tenangkan terus ajak diskusi," paparnya.

Ben Kasyafani (Adrian Putra/Bintang.com)

5. Konsisten.

Konsistensi orangtua menurut Ben Kasyafani sangat penting untuk melatih kedisplinan anak sejak dini. Tidak bermaksud tegas, namun sebisa mungkin sebagai orangtua, ia dan Ines bisa lebih mengontrol Sienna agar tetap dalam koridornya sebagai seorang anak berusia 4 tahun.

"Kita harus konsisten, kayak Nena (sebutan untuk Sienna) itu jatah waktu nontonnya (televisi) jam 11 siang dan jam 5 sore, jangan sampai bocor meski kadang-kadang kita tetap kasih reward buat dia. Kalau anak keseringan nonton jadinya pasif dan ya udah, susah," tandas Ben Kasyafani.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading