Sukses

News & Entertainment

Awalnya, Bukan Reza Rahadian yang Diminta Perankan BJ Habibie

Bintang.com, Jakarta ‎Kesuksesan Reza Rahadian memerankan tokoh B.J Habibie, mengantarkannya meraih predikat best actor ajang Asia-Pasific Festival Film (APFF) 2017, lewat perannya di film Rudy Habibie. Ternyata, Reza bukanlah pilihan utama MD Pictures untuk peran itu.

Saat memutuskan mengangkat kisah cinta Habibie dan Ainun ke layar lebar, pihak MD akan membagi peran Habibie‎ kepada dua aktor. Habibie muda diperankan Giring Nidji, sementara Habibie tua dipercayakan kepada Agus Kuncoro. Sebagai pemilik cerita, Habibie mempercayakan keputusan itu. Asalkan, cerita yang diangkat harus melalui persetujuannya.

"Bersama Hanung diadakan penilaian. Waktu itu Habibie mudanya Giring, saya nggakk tahu dia siapa. Katanya musisi. Terus Habibie saat tuanya diperankan Agus Kuncoro. Waktu itu saya bilang terserah kalian, yang jelas ceritanya nanti harus berdasarkan persetujuan saya," kata B.J Habibie, di Gedung MD, Jakarta Selatan, Selasa (8/8/2017).

Pemilihan Reza sendiri muncul saat tim film Habibie & Ainun melakukan survei lapangan ke IPDN. Saat memasuki ruang direktur utama, Hanung yang kala itu dipercaya sebagai sutradara, mempertanyakan sesosok dalam lukisan karya Basuki Abdullah, yang diketahui adalah Habibie muda.

‎"Terus dia (Hanung Bramantyo) minta waktu untuk datang ke rumah saya. Dia tanya ke saya siapa ini. Saya bilang saya. Dia bilang ada orang namanya Reza, sedang syuting di Istambul. Dari beberapa sudut menurut Hanung dia mirip saya.‎ Dia bilang, gimana kalau kami usulkan dia yang pegang peran tokoh Habibie," papar Presiden ke 3 Indonesia itu.

[Bintang] Reza Rahadian dan Habibie

Setelahnya, Reza mulai dihubungi dan menjalani casting atas tawaran memerankan Habibie. Demi memuluskan aktingnya, Reza datang langsung ke rumah Habibie, untuk mempelajari langsung gestur dan gaya bicara tokoh yang diperankannya itu.

"Waktu itu saya lagi kerja jam 11 malam, dia telepon mu ketemu saya. Dia datang, dia bacakan dialog. Saya bilang nggak begitu Reza, terus saya ajarkan.
‎Setalah itu, setiap saya kerja, terima tamu dia selalu ada, memperhatikan saya," tukas Habibie.

Dikatakan Habibie, begitu sekelumit kisah tentang pemilihan Reza Rahadian memerankan ‎dirinya. Dia juga tidak heran dengan prestasi yang diraih Reza di tingkat Asia Pasific. "Dia memang berbakat‎," ucap Habibie.

Loading