Sukses

Entertainment

5 Manfaat Ikut Pramuka Menurut Olivia Zalianty

Fimela.com, Jakarta Olivia Zalianty amat merasakan manfaat ikut dalam kegiatan pramuka. Sejak sekolah dasar ia sudah bergabung dengan kegiatan pramuka. Hingga saat ini ia masih aktif dalam kegiatan pramuka. Ia duduk dalam jajaran kepengurusan Andalan Nasional Gerakan Pramuka.

"Kalau sekolah itu pendidikan formal, pramuka adalah pendidikan non formal. Banyak sekali manfaat yang saya rasakan setelah ikut dalam kegiatan pramuka. Jadi menurut saya pelajar yang mau ikut dalam kegiatan pramuka itu oke banget," katanya saat dihubungi Bintang.com pada Senin (14/7/2017)

1. Pemersatu

Apa saja manfaat ikut dalam kegiatan pramuka menurut adik kandung Marcella Zalianty ini. Pertama kata sebagai alat pemersatu. "Manfaatnya banyak banget ya. Yang jelas untuk situasi Indonesia yang sekarang ini lewat pramuka bisa menjadi alat pemersatu," jelasnya.

Olive amat prihatin dengan situasi dan kondisi bangsa ini yang amat gampang tersulut oleh issu yang tak bertanggungjawab. "Kita sekarang gampang  banget terpengaruh oleh issu yang dapat memecah-belah persatuan dan kesatuan. Ayo kita eratkan lagi persatuan kita sebagai bangsa Indonesia. Lewat gerakan pramuka kita melebur menjadi satu. Tak ada sekat-sekat suku, ras dan agama dalam gerakan pramuka. Semua melebur menjadi satu," paparnya.

2. Pembentukan Karakter

Manfaat kedua masih kata bintang sinetron Malam Pertama ini, pramuka adalah alat untuk membangun karakter. "Seorang anak dibentuk melalui keluarga, lalu lewat sekolah atau pendidikan formal. Dan lewat pendidikan nonformal seperti pramuka. Kita dilatih  untuk cinta pada alam, kasih pada sesama, disiplin dan berani," lanjut Olive.

Olivia Zalianty bangga ikut pramuka. (foto koleksi Olivia Zalianty)

3. Melatih Kemandirian

Saat ikut pramuka, masih kata Olivia kita dilatih dan ditanamkan sikap mandiri. "Manfaat ikut pramuka itu kita dilatih untuk survive, mandiri dan tangguh. Di mana pun dan apa pun keadaan pramuka harus bisa bertahan. Semua dilatih sebelum kita menghadapi kondisi sesungguhnya," paparnya.

Riang dan  Berbudi Luhur

4. Bikin Gembira

Kegiatan yang dilakukan dalam gerakan pramuka selalu dibawa dengan suasana senang atau gembira. Ini adalah ciri khas dari kegiatan pramuka. Karena dilakukan dengan senang ini akan terbawa dalam aktifitas seseorang yang terlibat dalam kegiatan ini.

"Dalam latihan pramuka kita selalu diajak bernyanyi, tepuk tagan dan kegiatan yang lainnya yang dasarnya membawa kita happy atau gembira. Dalam salah satu dasa darma pramuka memang ada di sana. Dasa darma ke-6; Rajin,terampil dan gembira. Itu sebabnya mengapa kegiatan pramuka selalu senang dan gembira," lanjutnya

Olivia Zalianty merasakan banyak manfaat ikut Pramuka. (Koleksi pribadi Olivia Zalianty)

5. Berbudi Luhur

Seorang yang terlibat dalam gerakan pramuka dia harus bisa dipercaya dan dapat mempertanggungjawabkan semua kegiatannya. "Ini kan cara untuk membentuk orang yang berbudi luhur," katanya. "Pramuka juga harus suci dalam perkataan dan perbuatan seperti yang menjadi dasa darma pramuka yang ke sepepuluh," lanjutnya.

Dalam momentum peringatan Hari Pramuka yang jatuh pada hari ini 14 Agustus 2017, Olivia Zalianty menyapaikan salam kepada seluruh anggota pramuka di mana pun berada. "Salam untuk semua anggota pramuka. Selamat  hari pramuka dan salam pramuka," katanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading