Sukses

Entertainment

Film 90-an Surya Saputra, Anak Boyband yang Sukses Jadi Aktor

Fimela.com, Jakarta Nama Surya Saputra di dunia hiburan sudah dikenal sejak era 90-an. Bukan melalui film atau sinetron, tapi justru lewat bidang musik. Pria kelahiran 5 Juli 1975 ini memang lebih dulu berkarier di dunia tarik suara.

Surya pernah tergabung dalam boyband Cool Colors bersama Ari Sihasale, Johandi Yahya dan Teuku Ryan. Darah seni sudah mengalir dalam diri Surya Saputra sejak kecil karena ibunya, Linda Hosein, pernah menjadi bintang film.

Saat masih balita, Surya pernah main fim Sejuta Serat Sutra sebagai karakter yang diperanjan Roy Marten saat masih kecil. Namun saat beranjak dewasa, Surya tidak langsung mengikuti jejak ibunya di dunia akting. Ia lebih dulu berkiprah di bidang musik bersama Cool Colors.

Mereka sempat ngetop lewat lagu Tataplah (1995). Saat merilis album kedua, Teuku Ryan keluar dan posisinya digantikan Ari Wibowo. Meski begitu, Surya ternyata sudah ditakdirkan lebih sukses di bidang seni peran. Hal itu diawali Surya Saputra dengan bermain sinetron Air Mata Ibu di tahun 1998.

Film 'Ayat-ayat Adinda' menjadi kado pernikahan Surya Saputra untuk Cynthia Lamusu. Foto: Wimbarsana/Bintang.com

Perannya semakin menonjol saat berperan sebagai Igo di sinetron Cerita Cinta. Nama mantan suami Dewi Sandra ini makin melambung setelah bermain di film Arisan! (2003). Di film yang disutadarai Nia Dinata tersebut, akting Surya sebagai seorang gay mendapat banyak pujian.

Ia pun terpilih sebagai Pemeran Pembantu Pria Terbaik di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2004 serta sejumlah penghargaan lainnya. Pamor Surya di bidang akting pun makin bersinar.  Sejumlah film yang dibintanginya antara lain: Gie, Janji Joni, Belahan Jiwa, Love, Ayat-Ayat Cinta, King, Arisan! 2, Malaikat Tanpa Sayap, Modus Anomali, CJR The Movie, Magic Hour, Ayat-Ayat Adinda dan Hangout.

Screening film Hangout (Nurwahyunan/Bintang.com)

Selain film, sejumlah sinetron juga pernah dibintangi Surya, seperti; Romantika 21, Senyum Ananda, Dunia Tanpa Koma, Arisan! The Series, Love in Paris, Diam-Diam Suka, Alfabet, Aku Jatuh Cinta, Super Puber dan Keluarga Besar.

Sudah banyak film dan sinetron yang dibintangi suami dari Cynthia Lamusu ini. Surya Saputra yang mengawali karir sebagai anggota boyband di era 90-an, kini sudah menjadi salah satu aktor papan atas Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading