Sukses

Entertainment

5 Aktor yang Pernah Berperan Jadi Petinggi TNI

Fimela.com, Jakarta Hari ini, 5 Oktober 2017 ada tiga film Indonesia yang dirilis di bioskop. Tiga film yang diluncurkan bersamaan dengan hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu adalah Merah Putih Memanggil, Ruqyah: The Excorcism dan Jomblo.

Dari ketiga film itu yang paling dekat dengan nuansa ultah TNI tentunya adalah Merah Putih Memanggil. Film yang dibintangi Maruli Tampubolon, Ariyo Wahab dan Prisia Nasution itu memang sengaja diproduksi dan dirilis sebagai penghormatan untuk para tentara Indonesia.

Film ini diproduksi TB Silalahi Pictures yang memang spesialis membuat film dengan karakter utama seorang tentara. Bukan hanya artis, Merah Putih Memanggil menggaet 9 pasukan elit khusus yang ikut bermain. Maruli Tampubolon mengaku bangga menjadi bagian dari film ini.

“Saya kebetulan berperan sebagai salah satu tentara di film ini. Bisa dibilang sebagian besar pemainnya adalah para tentara. Kita memang mendapat dukungan penuh dari pihak TNI, termasuk soal persenjataan dan peralatan,” terang Maruli Tampubolon di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jenderal SoedirmanKalau Maruli merasa bangga bisa berperan sebagai tentara, tentunya sejumlah aktor Indonesia yang pernah memerankan petinggi TNI juga merasakan hal serupa. Film bertema perjuangan memang cukup banyak diproduksi terutama di era 80-an.

Berikut ini ada lima aktor Indonesia yang pernah berperan sebagai petinggi TNI, dan ternyata ada satu petinggi sekaligus pahlawan nasional yang pernah diperankan oleh dua orang aktor beda generasi.

Amoroso Katamsi

1. Amoroso Katamsi

Amoroso Katamsi. Foto: umarsyaifullah.files.wordpress.com

Nama Amoroso Katamsi dikenal luas saat memerankan Jenderal Soeharto di film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI di tahun 1984. Bersetting di tahun 1965, saat itu Soeharto memang termasuk petinggi TNI yang tidak termasuk dalam daftar jenderal yang diculik oleh PKI. Amoroso kemudian kembali berperan sebagai Soeharto di film Djakarta 1966 dan Dibalik 98 saat Soeharto akan lengser sebagai Presiden.

 

Kaharudin Syah

2. Kaharudin Syah

Ilustrasi film Janur Kuning (istimewa)

Di era Orde Baru, sosok pak Harto memang begitu dominan dan dipuja. Ia pun diposisikan sebagai pahlawan di film Janur Kuning yang berlatar peristiwa Enam Jam di Yogya saat Indonesia berusaha menumbangkan kekuasaan tentara sekutu. Sosok Soeharto di film produksi 1980 itu diperankan oleh Kaharudin Syah yang pernah bermain di film Catatan Si Boy (1987).

Roy Marten

3. Roy Marten

"Ya gak gampang berhentinya, kecanduannya. Itu karena kayak kita ngerokok, kan gak gampang berhenti. Tapi narkoba lebih dari rokok. Tingkat kecanduannya itu lebih. Jadi ngomong gampang, tapi ngejalaninnya sangat susah," jelas Roy Marten. (Adrian Putra)

Di era 80-an, Roy Marten beberapa kali bermain film bertema perjuangan kemerdekaan Indonesia. Salah satunya adalah Tapak-Tapak Kaki Wolter Monginsidi (1982). Roy berperan sebagai Robert Wolter Monginsidi, putra Sulawesi Utara yang menjadi pahlawan nasional. Wolter Monginsidi pernah membentuk Laskar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi (LAPRIS) untuk melawan kekuasaan Belanda di daerahnya.

Deddy Sutomo

4. Deddy Sutomo

Indonesia Movie Awards 2016 (Adrian Putra/bintang.com)

Aktor senior Deddy Sutomo juga pernah berperan sebagai petinggi TNI sekaligus pahlawan nasional Jenderal Soedirman di film Janur Kuning. Di film yang juga menampilkan sosok Soeharto itu, Deddy memerankan Jenderal Soedirman yang diceritakan memimpin perang gerilya dalam keadaan sakit-sakitan.

Adipati Dolken

5 Adipati Dolken

Adipati Dolken jadi Jendral Soedirman. Foto: Instagram (@adipati)

Sosok petinggi TNI Jenderal Soedirman kembali diangkat di tahun 2015 dan diperankan oleh aktor muda Adipati Dolken. Film bertajuk Jenderal Soedirman itu berlatar seputar Agresi Militer II oleh tentara Belanda dan dihadapi dengan perang gerilya pimpinan Soedirman. Film ini juga menampilkan sosok Bung Karno (Baim Wong) dan Bung Hatta (Nugie).

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading