Sukses

Entertainment

Menaksir Biaya Keluarga Syahrini Umrah dengan First Travel

Fimela.com, Jakarta Belakangan nama Syahrini dikaitkan dengan First Travel, salah satu penyedia jasa pemberangkatan jamaah haji dan umrah yang sedang bermasalah. Tiga orang petinggi First Travel, Anniesa Hasibuan, Andika Surachman serta Kiki Hasibuan telah menjadi tersangka.

Kasus dugaan penipuan yang dilakukan First Travel juga menyeret nama sejumlah artis. Maklum saja, salah satu pemiliknya, Anniesa Hasibuan memang dikenal aktif untuk dekat dengan beberapa artis. Tak mengherankan, beberapa artis diminta untuk berangkat ibadah umrah dengan menggunakan jasa First Travel.

Syahrini, mendiang Julia Perez, Vicky Shu, dan Ria Irawan, merupakan artis yang pernah berangkat beribadah ke Tanah Suci dengan menggunakan jasa First Travel. Kabarnya, mereka pun di-endorse pihak First Travel untuk mempromosikan travel umrah berbiaya murah tersebut.

Syahrini menjadi sosok yang ramai diberitakan, lantaran sejumlah fotonya dengan Anniesa Hasibuan terpampang di media sosial. Apalagi saat berangkat, Syahrini juga membawa rombongan keluarganya beribadah umrah, Maret 2017 lalu. Menurut keterangan sang adik, Aisyahrani yang juga manajer Syahrini, total keberangkatan keluarga Syahrini menggunakan jasa First Travel ada 12 orang, termasuk Syahrini.

Syahrini mengaku untuk berangkat umrah bersama belasan keluarganya mengeluarkan sekitar Rp 200 juta. Uang itu yang menjadi kewajibannya. Sedangkan sisanya dengan cara endorsement, mengunggah foto saat menjalankan ibadah umrah. (Adrian Putra/Bintang.com)

"Yang berangkat bukan 18. Keluarga saya 12 orang. Sebagian lagi, lima orang adalah tim dari First Travel sendiri, bukan dari tim saya. Keluarga saya yang berangkat adalah 12 orang, termasuk anak-anak saya," kata Aisyahrani di Bareskrim Polri, Rabu (27/9/2017).

Syahrini merasa tidak gratis berangkat umrah

Syahrini didampingi kuasa hukumnya, Hotman Paris membantah menerima uang Rp1 miliar dari First Travel untuk membiayai keberangkatannya beserta keluarga menjalankan ibadah umrah.

Perkara yang satu miliar rupiah tersebut, mulai ramai ketika Bareskrim mendapatkan keterangan dari staf First Travel, jika biaya yang dikeluarkan First Travel untuk memberangkatkan Syahrini dan keluarga senilai Rp1 miliar.

"Semuanya bohong dan nggak benar. Berita kan suka dibuat-buat, simpang siur. Awalnya kan aku tercyduk. Kalian kan senang memberitakan aku begitu. Apalagi media cetak pagi. Padahal kenyataannya nggak seperti itu," kata Syahrini sebelum mendatangi Bareskrim Polri, belum lama ini.

Usai diperiksa Bareskrim, Syahrini memberikan bukti, ia membayar kepada First Travel uang senilai Rp197 juta. Kuasa hukumnya, Hotman Paris, menunjukkan salinan bukti transfer tersebut.

"Jadi total dibayar itu 197 juta atau hampir 200 juta," ujar Hotman Paris, Senin (9/10/2017).

Berapa perkiraan biaya memberangkatkan umrah Syahrini dan keluarga?

Sejumlah fakta yang diungkapkan Syahrini kemudian menjadi perbincangan di media sosial. Banyak yang mulai berhitung, berapa biaya sesunggungnya memberangkatkan Syahrini dan keluarganya Maret 2017.

Bintang.com mencoba menghitung perkiraan biaya Syahrini dan keluarganya saat berangkat ke Tanah Suci dengan menggunakan jasa First Travel. Hitungan tersebut dengan asumsi, tidak adanya kerjasama antara Syahrini dan First Travel.

Perkiraan hitungan itu, hanya untuk menilai perkiraan selisih harga yang dibayarkan Syahrini dengan total perkiraan harga sesungguhnya.

Perkiraan biaya umrah Syahrini dan keluarga

Meski situs resmi First Travel sudah tidak online lagi, namun biaya perjalanan umrah kelas reguler dan VIP First Travel masih terekam di sejumlah blog, situs dan catatan media sosial, yakni sebesar Rp54 juta di tahun 2016. Merunut pernyataan Syahrini dan Aisyahrani, terdapat 12 orang yang berangkat dengan menggunakan metode VIP, menjalankan ibadah umrah, perhitungan estimasi biaya sebenarnya bisa dilakukan.

Jika 12 orang tersebut menggunakan biaya resmi yakni Rp54 juta, maka perkiraan total biaya perjalanan umrah Syahrini dan keluarganya saat itu, sebesar Rp648.000.

Perkiraan biaya tersebut, jika dikurangi dengan biaya yang dikeluarkan Syahrini yakni Rp197 juta, memiliki selisih Rp451 juta.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading