Sukses

Entertainment

Film 90-an Andy Garcia, dari The Godfather Jadi Presiden Amerika

Fimela.com, Jakarta Ada sejumlah aktor yang pamornya bersinar di era 90-an. Salah satunya adalah Andy Garcia yang berdarah Kuba. Pria kelahiran 12 April 1956 ini termasuk jajaran aktor muda berbakat di pertengahan 80-an.

Wajah Andy Garcia yang khas Latin membuatnya menarik banyak perhatian terutama kaum wanita. Pemilik nama lengkap Andres Arturo Garcia Menendez yang lahir di Kuba ini sudah tinggal di Amerika Serikat (AS) sejak keluarganya pindah ke Miami di tahun 1961. Meski bukan berasal dari keluarga seniman, Andy punya minat di bidang akting dan mengambil kelas drama saat masih sekolah.

Karirnya di dunia seni peran dimulai dari sejumlah peran kecil di televisi. Andy Garcia pernah tampil di beberapa serial televisi yang cukup sukses seperti Murder, She Wrote dan Hill Street Blues. Setelah itu Andy mulai tampil di beberapa film layar lebar. Ia menjadi pemeran pendukung di The Mean Season (1985) dan 8 Million Ways To Die (1986).

Nama Andy Garcia mulai terangkat setelah bermain di film gangster klasik The Untouchables (1987) yang dibintangi Kevin Costner, Sean Connery dan Robert De Niro. Film yang membuahkan Oscar bagi Sean Connery itu mendapat banyak pujian dan melambungkan pamor para pemainnya.

Andy Garcia. foto: Famous FixSetelah mendampingi Michael Douglas di Black Rain, Andy Garcia berada di puncak popularitas setelah bermain di The Godfather Part III (1990) sebagai Vincent Mancini. Film yang juga dibintangi Al Pacino itu membuat nama Andy mendunia di era 90-an.

Andy Garcia pun berhasil meraih sejumlah penghargaan termasuk masuk nominasi Oscar di kategori Aktor Pendukung Terbaik. Ia juga berakting gemilang di Internal Affairs yang juga dibintangi Richard Gere di tahun yang sama.

Andy Garcia Aktor 90-an yang Masih Eksis

Film lain yang pernah dibintanginya antara lain; Hero, When a Man Loves a Woman, Night Falls on Manhattan, Desperate Measures, Hoodlum dan trilogi Ocean’s Eleven.

Selain akting, Andy juga pernah menjadi sutradara film The Lost City (2005) yang dibintanginya bersama Dustin Hoffman dan Bill Murray. Tak hanya di film, Andy pun bermain di sejumlah serial televisi. Di layar kaca, Andy pernah masuk nominasi Golden Globe dan Emmy Award lewat film televisi For Love or Country: The Arturo Sandoval Story (2000).

Adegan film Ocean's Eleven. (dok. istimewa)

Ia merasa sangat terhormat bermain sebagai Arturo Sandoval, musisi jazz legendaris yang juga berasal dari Kuba. Di usia 61, Andy Garcia memang sudah jarang jadi pemeran utama tapi ia masih eksis dan banyak mendapat tawaran bermain. Film terbarunya yang sedang beredar adalah Geostorm yang dirilis di bulan ini.

Yang menarik, di film tentang bencana alam tersebut, Andy berperan sebagai Presiden AS bernama Andrew Palma. Setelah beberapa kali memerankan tokoh mafia atau gangster, Andy ternyata kebagian peran sebagai Presiden.

Andy Garcia di film Geostorm. foto: twitter

Setelah Geostorm, Andy juga sudah menyelesaikan syuting beberapa film seperti What About Love dan Book Club. Ia juga akan ikut bermain film musikal Mamma Mia! Here We Go Again yang merupakan sekuel dari Mamma Mia!.

Merintis karir dari era 80-an, meraih sukses di era 90-an, Andy Garcia membuktikan ia punya kemampuan akting dan karisma yang mumpuni yang membuatnya masih eksis di tengah persaingan yang sangat ketat di Hollywood.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading