Sukses

Entertainment

7 Film Hollywood Terpanjang yang Enak Ditonton Sampai Akhir

Fimela.com, Jakarta Berapa ideal jam tayang sebuah film? Banyak pengamat film yang menilai 90 sampai 100 menit adalah waktu yang ideal untuk durasi sebuah film layar lebar. Meski begitu banyak juga durasi film, termasuk di Hollywood, mencapai dua jam bahkan tiga jam lebih.

Tentu ada maksud atau tujuan khusus membuat film dengan durasi panjang karena hal itu bisa berpengaruh pada jatah pemutaran di bioskop. Kalau sebuah film bisa diputar selama empat sampai lima kali dalam sehari, maka film berdurasi panjang umumnya hanya tiga kali diputar dalam sehari di satu gedung bioskop.

Karena bisa berpengaruh pada pemasukan atau penjualan tiket, tentunya membuat film dengan durasi panjang sudah melalui pemikiran yang matang dan panjang pula. Selain itu, pembuat film juga harus yakin kalau penonton akan betah berlama-lama di dalam gedung bioskop.

Kalau materi film tak bisa membuat penonton terkesan atau bahkan mengantuk di dalam gedung bioskop, maka bersiap-siap untuk merugi karena penonton enggan datang buat menghabiskan banyak waktu di dalam bioskop. Walaupun begitu, ada banyak film berdurasi panjang yang sukses meraih banyak penonton.

James Cameron sedang mengarahkan Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet di film Titanic. foto: guardian

Bahkan faktanya, dua film terlaris dunia termasuk film berdurasi panjang dan masuk dalam daftar berikut ini. Apa saja tujuh film Hollywood dengan durasi terpanjang tapi tetap enak ditonton sampai akhir film? Tiga diantaranya ternyata dibintangi oleh Leonardo DiCaprio.

 

1. The Wolf of Wall Street

The Wolf of Wall Street. Foto: via thedailytouch.com

Film yang disutradarai Martin Scorsese ini dirilis pada Desember 2013 ini berdurasi 179 menit. The Wolf of Wall Street yang diadaptasi dari kisah nyata perjuangan seorang pialang bursa saham ini mendapat banyak pujian serta meraih banyak penghargaan termasuk lima nominasi Oscar. Film yang dibintangi Leonardo DiCaprio ini juga termasuk laris, dengan bujet 100 juta dolar AS meraih pemasukan 392 juta dolar AS

2. Django Unchained

Film garapan sutradara Quentin Tarantino yang menceritakan kehidupan para koboi dan budak pada masanya

Film besutan Quentin Tarantino ini berdurasi 165 menit dan ternyata jadi film terlaris Qarantino sejauh ini. Dengan bujet 100 juta dolar AS, Django Unchained (2012) meraih pemasukan 425 juta dolar AS. Film yang enak disimak sekaligus melelahkan ini meraih sejumlah penghargaan termasuk satu Piala Oscar di kategori Aktor Pendukung Terbaik (Christoph Waltz).

3. The Lord of the Rings

2004 -

Trilogi The Lord of the Rings dirilis pada 2001 sampai 2003 dengan total durasi sekitar 9 jam. Berarti satu film rata-rata berdurasi 3 jam, bahkan lebih panjang lagi di versi Blu-Ray. Film yang disutradarai Peter Jackson dan diadaptasi dari novel laris ini memang fenomenal karena membawa kita memasuki dunia penuh fantasi yang mengagumkan. Hasilnya, dengan bujet 93 juta dolar AS untuk pengerjaan tiga film sekaligus, meraih pemasukan 871 juta dolar AS.

4. Scarface

Al Pacino sebagai Tony Montana di film Scarface. foto: goliath.com

Film yang dibintangi aktor watak Al Pacino sebagai karakter ikonik Tony Montana ini merupakan remake dari film berjudul sama dan dirilis pada 1983. Scarface yang disutradarai Brian De Palma termasuk film gangster terbaik meski dipenuhi adegan kekerasan serta kata-kata makian.

Banyak adegan dan kutipan ikonik di film ini. Scarface yang berdurasi 170 menit ini berbujet 25 juta dolar AS dan meraih pemasukan 65 juta dolar AS. Terlepas dari banyak kontroversi, Scarface dianggap salah satu film yang banyak berpengaruh terhadap karya-karya sesudahnya maupun budaya dan gaya perfilman dunia.

5. Titanic

Berikut 7 adegan yang siap membuat kamu ingin kembali menonton film Titanic. (Desain: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Dua film yang disutradarai James Cameron memang epik dan legendaris. Cameron termasuk jarang membuat film tapi dua karyanya, Titanic dan Avatar adalah film terlaris dunia. Titanic (1997) yang dibintangi Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio adalah film terlaris dunia sebelum ditumbangkan oleh Avatar di tahun 2009. Titanic yang berdurasi 195 menit dengan bujet 200 juta dolar AS menghasilkan 2,1 miliar dolar AS.

6. Avatar

Poster Avatar. Foto: via khabinh.vn

Avatar (2009) yang berdurasi 161 menit dengan bujet 237 juta dolar AS menghasilkan 2,7 miliar dolar AS. Tak perlu dibahas lebih lanjut lagi, banyak penonton Avatar dan Titanic lebih dari satu kali menonton di bioskop karena kedua film tersebut memang tak pernah bosan untuk ditonton. Avatar bahkan menghadirkan terobosan baru di perfilman dunia dengan teknologi stereoscopics.

7. The Godfather

Gaun Pengantin The Godfather. (foto: popsugar)

Salah satu film monumental dan paling berpengaruh dalam perfilman dunia adalah The Godfather yang dibesut Francis Ford Coppola. The Godfather 1 (1972) dan 2 (1974) meraih sukses secara komersil dan mendapat banyak penghargaan. The Godfather Part 3 (1990) memang tak sebagus dua film sebelumnya tapi berhasil jadi box office.

Film yang melambungkan nama Al Pacino, Marlon Brando dan Robert De Niro ini masing-masing berdurasi 177 menit, 200 menit dan 162 menit. Meski durasinya panjang banyak yang menyaksikan film produksi Hollywood ini berulang-ulang dan jadi referensi sejumlah film.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading