Sukses

Entertainment

6 Aktor yang Nyaris Jadi Pemeran Spider-Man

Fimela.com, Jakarta Salah satu tokoh superhero yang paling sering dibuatkan film dan selalu laris adalah Spider-Man. Di layar lebar, superhero Marvel ini sudah tiga kali dibuatkan film solo dengan tiga pemeran berbeda.

Dimulai dari Tobey Maguire yang memerankan Peter Parker alias Spider-Man dalam tiga film. Ia tampil di film Spider-Man (2002), Spider-Man 2 2004) dan Spider-Man 3 (2007) yang semuanya disutradarai Sam Raimi.

Tobey Maguire, pemeran Spider-Man di tiga film Spider-Man. foto: Looper

Spider-Man yang diperankan Tobey termasuk film superhero yang sukses besar dan mendorong dibuatnya kembali film-film bertema superhero. Setelah itu Spider-Man kembali dibuatkan film solo di tahun 2012. Kali ini giliran Andrew Garfield yang dipercaya memerankan Spider-Man di dua film yaitu The Amazing Spider-Man (2012) dan The Amazing Spider-Man 2 (2014).

Tiga tahun kemudian, film solo Spider-Man kembali dibuat. Kali ini dengan pemeran yang lebih muda yaitu Tom Holland karena disesuaikan dengan garis besar cerita. Sebelumnya, Tom sempat muncul sekilas sebaga Spider-Man di Captain America: Civil Wars (2016).

Sedangkan Spider-Man: Homecoming yang dirilis pada Juli lalu juga meraih sukses seperti film-film Spider-Man sebelumnya. Jadi wajar saja kalau banyak aktor yang ingin berperan sebagai Spider-Man.

Yang menarik, ternyata ada sejumlah aktor yang hampir berperan sebagai Spider-Man dan bahkan salah satu diantaranya adalah penyanyi legendaris yang sudah tiada. Berikut ini daftar enam aktor yang hampir berperan sebagai Spider-Man.

1. Josh Hutcherson

Matthew McConaughey boleh saja berjaya di ajang Academy Awards, tapi tidak di MTV Movie Awards 2014.

Aktor yang dikenal lewat film The Hunger Games ini sempat jadi nominator pemeran Spider-Man di tahun 2010 di film The Amazing Spider-Man. Josh Hutcherson yang saat itu masih berusia 17 tahun dianggap sangat pas menjadi Spider-Man. Sayangnya peran itu justru didapat Andrew Garfield yang waktu itu sudah 27 tahun, dan kabarnya Josh dianggap masih terlalu muda.

Ironisnya, saat Spider-Man akan dibuatkan film lagi, justru Tom Holland yang masih 19 tahun yang terpilih. Sedangkan Josh yang sudah 22 tahun dianggap sudah terlalu tua!

2. Edward Furlong

Edward Furlong (via aceshowbiz.com)

Nama Edward Furlong mendunia di tahun 1991 berkat perannya sebagai John Connor di Terminator 2: Judgement Day yang sukses besar. Sutradara film laris tersebut, James Cameron, sudah berencana membuat film Spider-Man di tahun 1995 dengan Furlong sebagai pemeran sang manusia laba-laba dan Drew Barrymore sebagai Gwen Stacy.

Sayangnya, perusahaan film Carolco yang akan menyokong film tersebut keburu bangkrut. James Cameron membatalkan niatnya menyutradarai Spider-Man dan beralih membesut Titanic.

3. Freddie Prinze Jr

Freddie Prinze Jr. foto: huffingtonpost.com

Di akhir era 90-an, Freddie Prinze Jr termasuk deretan bintang besar dan populer berkat kesuksesan film She’s All That dan I Know What You Did Last Summer. Sayangnya, film live-action Scoby Doo yang banyak dihujat kritikus membuat pamor Freddie merosot tajam dan sejumlah proyek film pun membatalkan niatnya buat merekrutnya.

Reputasi Freddie bisa pulih kembali seandainya ia terpilih sebagai pemeran Spider-Man yang ternyata jatuh ke tangan Tobey Maguire di tahun 2002. Sutradara Sam Raimi kabarnya mengacuhkan keinginan banyak penggemar karena meragukan kapasitas akting Freddie Prinze Jr.

4. James Franco

James Franco

Apa yang dialami James Franco mungkin sama dengan Heath Ledger yang gagal memerankan Batman tapi kemudian mendapat peran Joker. Sedangkan Franco yang awalnya dipertimbangkan sebagai pemeran Spider-Man oleh sutradara Sam Raimi, akhirnya lebih dipilih sebagai pemeran Harry Osborn, sahabat yang kemudian menjadi musuh Peter Parker/Spider-Man. Akting James Franco ternyata mendapat banyak pujian dan dianggap cocok memeranakn sosok Harry Osborn.

5. Michael Jackson

Michael Jackson (AP)

Siapa sangka nama penyanyi legendaris yang dijuluki ‘The King of Pop’, Michael Jackson, pernah nyaris berperan sebagai Spider-Man. Menurut penulis senior komik Marvel, Stan Lee, Jackson pernah bertemu dengannya di era 90-an dan membicarakan kemungkinan membeli saham Marvel. Jackson kabarnya berminat membuat film Spider-Man dan berniat berperan sebagai sang manusia laba-laba.

Meski Stan Lee tak keberatan, namun tak terjadi kesepakatan harga dengan pihak Marvel sehingga kita tidak jadi melihat akting seorang Michael Jackson sebagai Peter Parker/Spider-Man.

6. Jake Gyllenhaal

Tampak kekar saat syuting film Southpaw, Jake Gyllenhaal ternyata rela babak belur dengan berlatih tinju.

Ada sejumlah aktor hebat yang sepertinya ditakdirkan tidak akan berperan sebagai superhero. Nama Jake Gyllenhaal termasuk di dalamnya. Saat Tobey Maguire mengalami cedera sebelum syuting Spider-Man 2 (2004), Jake yang sempat masuk nominasi pemeran Spider-Man, sudah disiapkan sebagai penggantinya. Tapi ternyata urung terjadi karena Tobey bisa pulih pada waktunya.

Beberapa tahun kemudian, Jake juga sempat dipertimbangkan sebagai pemeran Batman bersama Heath Ledger dan Christian Bale. Pada akhirnya kita tahu, Bale yang terpilih sebagai Batman. Setelah itu, rasanya tak ada kesempatan lagi bagi Jake Gyllenhaal buat menjadi superhero, apalagi Batman dan Spider-Man.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading