Sukses

Entertainment

Kisah Perjuangan 5 Artis Hollywood Melawan Kanker Payudara

Fimela.com, Jakarta Kanker dikenal sebagai salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Menurut data yang dikeluarkan Departemen Kesehatan Indonesia, sekitar 8,2 juta kematian disebabkan oleh kanker pada tahun 2012 lalu.

Kanker paru, hati, perut, kolorektal, dan kanker payudara adalah penyebab terbesar kematian akibat kanker setiap tahunnya. Untuk wanita, kanker payudara memang seolah menjadi 'musuh' utama. Sementara untuk pria sangat kecil kemungkinannya, sekitar 1 di antara 1000.

Penyakit kanker payudara sendiri tak mengenal usia penderitanya. Baik muda atau tua, semua tetap memiliki risiko terkena kanker payudara. Seperti halnya yang dialami oleh sederet pesohor dunia.

Angelina Jolie adalah salah satu artis yang diketahui pernah mengidap kanker payudara. Yuk, simak kisah Jolie dan lima artis Hollywood lainnya dalam melawan kanker payudara.

1. Angelina Jolie

Sekitar awal 2013 lalu, Angelina Jolie melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan. Hasil menunjukkan Jolie memiliki 87% risiko kanker payudara, yang diturunkan dari ibundanya, Marcheline Bertrand. Untuk menurunkan risiko tersebut, Jolie lantas menjalani operasi pengangkatan dan implan payudara.

Tak terhenti sampai di situ, dua tahun setelahnya, Jolie mendapati dirinya memiliki 50% risiko kanker ovarium. Mantan istri Brad Pitt ini pun harus kembali melakukan operasi di ovarium serta tuba falopi. Itu artinya, Jolie sudah menopause dan tidak lagi dapat memperoleh keturunan.

2. Melissa Etheridge

Melissa Etheridge pernah divonis mengidap kanker payudara pada 2004 lalu. Ia pun melakukan kemoterapi guna membunuh sel-sel ganas kanker yang bersarang ditubuhnya. Kala itu, Etheridge rambutnya rontok karena pengaruh kemoterapi.

Dukungan pasangan kala itu menguatkan Etheridge dalam melawan kanker payudara. Aktris berusia 56 tahun itu juga mengatakan dirinya menggunakan ganja selama proses kemoterapi, untuk memperbaiki mood dan meningkatkan nafsu makan.

Hingga 2009, Melissa Etheridge masih menggunakan ganja untuk mengurangi efek refluks asam atau dalam situasi yang sangat menegangkan. Ganja medis itu memang legal di negara bagian California.

3. Kylie Minogue

Kylie Minogue divonis menderita kanker payudara saat usianya 36 tahun. Tak lama dari vonis tersebut, pemain film San Andreas ini pun melakukan serangkaian operasi dan kemoterapi. Minogue juga melakukan pengangkatan payudara, agar menghilangkan tumor ganas yang dapat menggerogoti tubuhnya.

4. Cynthia Nixon

Cynthia Nixon tak menyangka dirinya divonis mengidap kanker payudara saat usianya 40 tahun. Awalnya, Nixon sempat menyembunyikan penyakitnya tersebut dari publik. Melalui serangkaian perawatan medis, Nixon akhirnya dapat bertahan hingga sekarang. Ia juga dikenal sebagai aktivis kanker payudara.

5. Giuliana Rancic

Kesetiaan suami seolah menguatkan Giuliana Rancic dalam melawan kanker payudara. Seperti kebanyakkan pengidap lainnya, Rancic juga harus melakukan operasi pengangkatan payudara serta serangkaian proses kemoterapi. Meski awalnya takut, namun perlahan Rancic mulai menyadari pentingnya tindakan-tindakan tersebut untuk mencegah sel kanker menggerogoti tubuhnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading