Sukses

News & Entertainment

20 Tahun Titanic, Film yang Tak Pernah Tenggelam

Fimela.com, Jakarta Para penggemar film, terutama Titanic tentu ingat betul kalau film ini dirilis tepat 20 tahun lalu. Film yang dibintangi Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet serta disutradarai James Cameron ini memang jadi favorit banyak penonton.

Titanic sempat menjadi film terlaris dunia sepanjang masa, sebelum digeser oleh Avatar di tahun 2009 yang juga disutradarai James Cameron. Titanic sendiri pertama kali diputar pada 1 November 1997 di Tokyo International Film Festival, lalu premier di Amerika Serikat (AS) pada 14 Desember 1997.

Titanic resmi dirilis di AS pada 19 Desember 1997. Sedangkan di Indonesia, Titanic dirilis di awal Januari 1998. Memperingati 20 tahun perilisannya, belum lama ini Paramount Pictures menayangkan kembali Titanic di Dolby Cinema AMC Amerika Serikat selama seminggu. Lalu mulai 1 Desember kemarin, film tersebut juga bisa disaksikan dalam format 3D di 20 lokasi yang sudah ditentukan.

Keberhasilan Titanic selain faktor cerita dan sutradara, juga tak lepas dari kehadiran Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet yang menjadi magnet tersendiri. Pasalnya, pada era itu, nama dua bintang ini tengah naik daun di kancah perfilman Hollywood.  Selain itu, bujet produksi film Titanic ternyata lebih mahal dari konstruksi kapal Titanic sendiri. 

Adegan legendaris Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio dalam film Titanic. (hdwallpapersdose.com)

Diketahui, pihak studio mengeluarkan dana hingga 200 juta dolar AS untuk film ini, sedangkan pembuatan kapal Titanic pada tahun 1910-1912 hanya menelan 7,5 juta dolar AS atau setara 120-150 juta dolar AS pada tahun 1997.

Titanic menjadi film pertama yang merlis video ketika filmnya masih tayang di bioskop. Biasanya, pihak studio mana pun tak berani melakukannya lantaran takut filmnya tidak laris di bioskop. Namun, Titanic justru melakukan sebaliknya.

 

 

Titanic Laris dan Raih Piala

Film Titanic yang diproduksi 20th Century Fox bersama Paramount Pictures, meraih pemasukan 2,187 miliar dari hasil peredarannya di seluruh dunia. Tak hanya sukses dan sempat menjadi film terlaris dunia sepanjang masa, Titanic juga berjaya di ajang Oscar.

Berikut 7 adegan yang siap membuat kamu ingin kembali menonton film Titanic. (Desain: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Film Titanic berhasil menyabet 11 piala kemenangan di ajang Oscar 1998 dari total 15 kategori yang diperoleh. Titanic semakin dikenal luas dan terasa abadi berkat lagu soundtrack My Heart Will Go On yang dinyanyikan Celine Dion, yang masih banyak disukai dan dinyanyikan sampai saat ini.

Jadi meski sudah 20 tahun lalu dirilis, Titanic terasa abadi dan masih banyak disukai sampai sekarang. Tidak seperti kapalnya yang sudah lama tenggelam, film Titanic bisa dibilang tak akan pernah tenggelam dan bakal terus dikenang sepanjang masa.

;
Loading