Sukses

News & Entertainment

5 Lagu dari Artis K-Pop yang Diduga Plagiat

Fimela.com, Jakarta Kasus plagiarisme rasanya makin sering terdengar belakangan ini. Tak hanya di kancah internasional, fenomena ini juga menjalar ke industri K-Pop yang belakangan sedang hits.

Di zaman sekarang memang tak mudah membuat karya yang benar-benar original. Seiring banyaknya lagu yang dirilis di berbagai belahan dunia, kesamaan nada sangat mungkin terjadi.

iKON diduga meniru lagu Peterpan

Yang terbaru, fans K-Pop tengah menyorot kemiripan teaser comeback iKON bertajuk Love Scenario. Lagu tersebut mengundang reaksi, terutama netizen asal Indonesia yang familiar dengan melodi tersebut. Selengkapnya baca di sini.

Namun sejak beberapa tahun belakangan banyak juga kasus yang menyeret sejumlah idol dan grup K-Pop yang diduga plagiat. Apa saja lagunya? Simak satu per satu di bawah ini.

1. TWICE

Salah satu single TWICE, Someone Like Me mencuri perhatian fans karena diduga meniru lagu populer yang dinyanyikan Hailee, Starving.

2. 2NE1 

Grup senior 2NE1 juga tak lepas dari isu plagiarisme. CL dkk dituding menjiplak lagu penyanyi berbahasa latin. Berikut videonya.

3. G-Dragon

Kembali ke beberapa tahun lalu, karya G-Dragon Heartbreaker dikaitkan dengan lagu Flo Rida, Right Round. YG menolak tudingan itu, dan setelah bernegosiasi mereka sepakat tak mempromosikan lagu GD tersebut, justru mereka sempat berkolaborasi membawakan lagunya.

4. SNSD

Kejadian serupa dialami girl group asal SM Entertainment, SNSD. Di era jayanya hits Oh! milik SNSD dianggap mirip dengan lagu Rihanna Shut Up and Drive. Di sisi lain banyak juga yang menyebut kedua lagu tidak mirip sama sekali.

5. Rap Monster

Rap Monster pada 2015 lalu membuat heboh fans saat mengumumkan permintaan maafnya. Hal ini terkait penggunaan lirik yang ia tuangkan dalam salah satu lagunya. 

Rap Monster BTS

;
Loading