Sukses

Entertainment

6 Fakta The Shape of Water yang Raih 13 Nominasi Oscar 2018

Fimela.com, Jakarta Academy Awards atau Oscar bakal kembali digelar di tahun ini. Oscar 2018 atau 90th Academy Awards baru saja mengumumkan daftar nominasinya dan The Shapee of Water jadi yang terdepan.

Pengumuman nominasi dibacakan oleh Tiffany Haddish dan Andy Serkis di Beverly Hills, California, Amerika Serikat (AS), pada 23 Januari kemarin. Dari 24 nominasi, film The Shape of Water memimpin dengan 13 nominasi.

The Shape of Water. (Fox Searchlight Pictures)

Film yang disutradarai Guillermo del Toro ini memang mendapat banyak pujian dan sudah meraih sejumlah piala termasuk di Golden Globe 2018 .Lalu diikuti Dunkirk yang meraih 8 nominasi dan Three Billboards Outside Ebbing, Missouri dengan 7 nominasi. Sejak awal, memang banyak yang memperkirakan The Shape of Water meraih banyak nominasi dan penghargaan.

Meski tak mendapatkan gelar Film Terbaik di ajang Golden Globe 2018, film drama-fantasi ini disebut-sebut sebagai film terbaik del Torro setelah Pan’s Labyrinth. The Shape of Water juga menampilkan akting terbaik dari para pemeran utamanya seperti Sally Hawkin, Michael Shannon, Richard Jenkins dan Octavia Spencer.

The Shape of Water sudah dirilis pada Desember 2017 lalu dan cukup sukses meski bukan termasuk film box office yang meraih pemasukan ratusan juta dolar. Berikut ini ada enam fakta menarik seputar film The Shape of Water yang mendapatkan 13 nominasi di ajang Oscar 2018. 

1. Rekor The Shape of Water

Film Forrest Gump mengajarkan kita tentang arti hidup. Dari mana, akan kemana, di mana mulainya dan ke mana ujungnya, dan yang paling penting adalah prosesnya. (foto: uncouthmarie.wordpress.com)

Dengan 13 nominasi yang didapat di Oscar 2018, The Shape of Water menyamai rekor nominasi terbanyak yang sebelumnya dipegang oleh dua film yaitu Forrest Gump dan The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring. Hasilnya, dua film itu masing-masing memenangkan 6 dan 11 piala. Lalu berapa kira-kira piala yang akan dirai The Shape of Water?

2. Kisah Cinta The Shape of Water

Film The Shape of Water. (indiewire.com)

The Shape of Water menghadirkan kisah yang unik yaitu tentang seorang wanita bisu yang kemudian jatuh cinta dengan manusia ikan yang sedang dikurung untuk sebuah eksperimen dalam laboratorium rahasia milik Pemerintah.

3. Pemain The Shape of Water

The Shape of Water. (Fox Searchlight Pictures)

Dari 13 nominasi yang didapatkan The Shape of Water di Oscar 2018, tiga diantaranya adalah di kategori akting. Mereka adalah Sally Hawkin (Aktris Utama Terbaik), Richard Jenkin (Aktor Pendukung Terbaik) dan Octavia Spencer. Ini menandakan kalau The Shape of Water jadi ‘pameran’ kehebatan akting para pemainnya.

4. Sutradara The Shape of Water

Guillermo del Toro sutradara film The Shape of Water. foto: Tubefilter.com

Guillermo de Toro sudah menyiapkan The Shape of Water sejak 2011 dan butuh waktu sembilan bulan untuk menciptakan karakter mahluk ikan/amfibi dengan mengambil ide dari sejumlah film klasik. Del Torro juga sempat membuat laboratorium khusus untuk menyiapkan film ini.

5. The Shape of Water dan Sally Hawkins

The Shape of Water. (Fox Searchlight Pictures)

Guillermo del Toro mengakui Sally Hawkins adalah pilihan utamanya dalam memerankan karakter utama di The Shape of Water, Elisa Esposito. Saat menulis naskahnya bersama Vanessa Taylor, del Torro bahkan sudah membayangkan sosok Hawkins yang akan berperan sebagai Elisa.

6. Format The Shape of Water

Guillermo del Toro saat menyutradarai film The Shape of Water. foto: LA Times

Awalnya, Guillermo del Toro ingin menayangkan The Shape of Water dalam format hitam-putih agar terasa lebih dramatis. Namun hal itu batal dilakukan karena keterbatasan biaya. Hasilnya ternyata tetap luar biasa dan meraih 13 nominasi di Oscar 2018.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading