Sukses

Entertainment

Sounds of Bintang, Eksplorasi Musik dan Pembuktian Widi Mulia

Fimela.com, Jakarta Usia yang bertambah dan sudah disibukkan dengan urusan keluarga, bukan penghalang bagi Widi Mulia untuk terus menghasilkan karya di dunia musik. Ia pun berharap bisa terus menghasilkan karya dan bernyanyi untuk menghibur penggemarnya dan masyarakat pecinta musik.

**

Kecintaan Widi Mulia dengan seni tarik suara sudah bermula sejak dirinya masih kecil. Berbagai piala dan penghargaan dari kejuaraan bernyanyi sering kali diraihnya.

Memasuki bangku SMP, festival berskala luas pun diikutinya. Puncaknya, Widi berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan menjuarai Asia Bagus Monthly Championship di Singapura pada 1993. Setelah menjuarai ajang tersebut, karier profesionalnya sebagai seorang penyanyi pun dimulai.

Oleh seorang pencari bakat, dirinya digabungkan bersama Nola dan Lusy menjadi sebuah grup vocal bernama AB Three (sekarang Be3) yang terbentuk pada 13 Agustus 1993. Beberapa album sudah ditorehkan Widi bersama grup vokalnya.

Bukan hanya itu, ia juga menghasilkan karya solo sebagai wujud kecintaannya dengan dunia tarik suara.Karena kecintaannya itu pula, wanita berdarah Sunda, kelahiran 29 April 1979 ini, mengaku ingin terus bernyanyi dan menghasilkan sebuah karya. Meski kini dirinya sudah disibukan dengan pelbagai urusan rumah tangga.

Menurut wanita yang juga mencintai seni tari dan akting ini, dirinya akan sedih jika ada seseorang bertanya dirinya sudah tidak lagi bernyanyi.  “Sedih saya kalau ada orang yang bertanya ‘Mbak Widi sudah nggak bernyanyi lagi ya’. Makanya saya meluncurkan single Wahai Kau Tuan, meski tidak bersama Be3,” kata Widi Mulia beberapa waktu lalu.

Berikut petikan wawancara selengkapnya dengan Widi Mulia, sang empunya suara merdu dari tanah Pasundan yang menjadi edisi spesial Sounds of Bintang kali ini.

Kilas Karier Widi Mulia

Bakat bernyanyi Widi Mulia terasah dari panggung-panggung festival. Widi mengaku sama sekali tidak pernah mengolah kemampuan vokalnya lewat les bernyanyi.

Bagimana awal mula kamu bisa terjun ke industri musik?

Saya dari kecil memang sudah sering ditanggep untuk nyanyi. Mama saya kalau ada pertemuan keluarga selalu tanggep saya nyanyi, lalu pas sudah SD baru ikut-ikut lomba-lomba nyanyi, dan SMP ikut Asia Bagus, setelah ikut Asia Bagus itu saya digabungkan dengan menjadi sebuah grup namanya AB Three, sejak itulah saya menemukan dunia saya.Kamu banyak memiliki piala dan penghargaan dong?Di rumah itu, saya koleksi piala, dari SD, sampai ABG.

Kamu belajar nyanyi, Otodidak atau punya guru vokal?

Kayanya saya belajar nayanyinya terlatih dari festival ke festival, lalu mama saya yang melatih khusus dan ketemu dengan bakat-bakat lain kayanya terasahnya dari situ sih. Jadi sepanjang saya berkarier selama 25 tahun itu ilmunya datang langsung dari orang-orang yang jago.

Kamu ada keinginan untuk menjadi pengajar vokal?

Sampai saat ini pun saya masih ingin terus belajar dan tak mau berhenti untuk terus belajar.

Selain pandai bernyanyi kamu juga bisa berakting. Apakah bakat akting kamu sudah ada sejak kecil?

Memang dari kecil selain festival pernah nyobain juga teater, operet Bobo. Di situ saya makin tertarik masuk dunia pertunjukan. Apalagi saat di AB Three kami dilatih bener-benar selain akting, saya juga dilatih tarian, jadi makin komplit lagi.

Berarti kamu bisa dibilang artis serba bisa, benarkah?

Nggak juga, masih banyak yang saya tidak bisa. Saya hanya menikmati berbagai variasi dari dunia kesenian dan itu bisa menambah pemahaman saya dalam dunia seni dan itu menyenangkan banget.

Selama 25 tahun berkarier kenangan apa yang paling melekat?

Kenangan yang paling melekat itu adalah mungkin bertemu dengan penggmear musik kali ya. Karena kan saya sudah mulai berkarier dari zaman SMP, sudah masuk di TVRI, itu satu-satunya televisi waktu itu, dan dampak dari itu yang nggak pernah terlupa adalah orang-orang jadi tahu saya sampai di daerah-daerah. Setiap ketemu dengan mereka yang responsnya jujur ada yang pas ketemu manis, ada juga yang ketemu tiba-tiba nyakar, meluk, narik. Itu yang sampai sekarang saya nggak akan lupa. Apapun yang saya lakukan ternyata berdampak.

Eksplor Solo, Gaet Musisi Muda

Meski sudah disibukan dengan urusan keluarga, Widi tak mau berhenti untuk berkarya. Widi menikah dengan aktor Dwi Sasono pada November 2007. Dari pernikahan tersebut mereka telah dikaruniai tiga orang anak yang diberi nama Dru Prawiro Sasono, Widuri Putri Sasono, dan Den Bagus Satrio Sasono.

Apakah setelah berkeluarga kamu sempat ingin meninggalkan karier sebagai penyanyi?

Sebenarnya setiap saya punya anak, vakumnya nggak lama-lama paing sebulan. Aku hampir tidak pernah berhenti untuk bernyanyi. Sekarang pun saya baru saja merilis single terbaru saya berjudul Wahai Kau Tuan, itu pun keluar karena di Be3 belum ada single.

Kenapa memilih solo?

Wahai Kau Tuan begitu spesial di mata saya karena treatment nya berbeda, karena saya ingin merayakan bakat saya dari SD itu tadi yang saya lalui dari festival ke festival sekalgus menunjukan bahwa saya masih eksis bernyanyi. karena sedih saya kalau ada orang yang bertanya mba Widi sudah nggak bernyanyi lagi ya. Mereka mungkin hanya melihat saya sudah jarang ada di Tv dan keluarkan karya. Makanya saya mengeluarkan single baru. Meski tanpa Be3.

Apakah ada alasan khusus selain itu?

Benarkah Lagu Wahai Kau Tuan juga sebagai kado pernikahan?Iya betul. Sebelum saya keluarkan single ini, saya ingin kumpulin lagu yang bercerita soal keluarga saya. Kemudian saya minta dibuatin lagu sama Nino dan jadilah lagu ini.

Bercerita soal apa sih lagunya?

Menggambarkan tentng aku yang bahagia bisa menjalani hidup bersama Mas Dwi.

Karya siapa?

Nino (RAN) yang nulis liriknya, Lale dan Ilman (Maliq & D Essential) untuk arasemen lagunya

Karier ke depan bagaimana?

Ke depannya aku mengalir saja, lagu ini saja belum tuntas aku promosiin . dan aku bertemikasih pada Lale, Nino karena lagu ini responnya luar biasa banyak yang suka. Mungkin ada single dari Be3 ke depannya dan ada kesempatan membuat single single terbaru lagi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading