Sukses

Entertainment

Cara Riki Putra Memajukan Musik dan Budaya Indonesia

Fimela.com, Jakarta Perkembangan musik di Indonesia kian maju dan bervariasi, hal ini menunjukkan semakin banyak musisi Indonesia kreatif. Sayangnya, hal tersebut tidak dibarengi dengan minat pada musik tradisional. Hal itu yang membuat musisi muda asal Balikpapan, Riki Putra, berhasrat untuk memajukan musik dan budaya Indonesia.

Salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan memadukan musik gamelan dengan musik kegemarannya, rock. Pilihan musiknya itu telah dituangkannya dalam album Gamelan Rules.

“Jangan sampai musik tradisional kita tergerus jaman, apalagi musik luar kini cepat sekali perkembangannya. Kita harus bangga dengan budaya lokal dan jangan malu untuk memperdengarkannya ke manca negara”, kata Riki Putra.

Idenya itu tercetus saat ia masih kuliah di Musician Institute, Amerika. Di matanya, masih banyak peluang yang bisa dikembangkan pada musik tradisional, asalkan kreatif.

“Memainkan musik rock yang dipadukan dengan gamelan mempunyai nilai tambah tersendiri. Musik rock itu sudah rame dan peminatnya banyak, nah, gamelan itu alat musik yang sempurna dan elegan, jadi bisa dibayangkan seperti apa megah dan menariknya ketika mendengarkan rock-gamelan,” lanjut Riki Putra yang mengaku saat ini tengah menyiapkan konser megah dengan konsep orchestra.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading