Sukses

News & Entertainment

6 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Sudah Kamu Tonton Semua?

Bintang.com, Jakarta Di tahun lalu, film Pengabdi Setan jadi fenomena tersendiri. Meski banyak ditunggu, rasaya sedikit yang menyangka kalau film horor tersebut bisa memperoleh 4,2 juta penonton.

Pencapaian itu membuat Pengabdi Setan yang dirilis pada September 2017 jadi film Indonesia terlaris di tahun lalu. Di tahun ini, pencapaian tersebut sudah dilewati oleh film Dilan 1990 yang tayang perdana pada 25 Januari lalu.

Film yang dibintangi Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla itu mungkin hampir sama seperti Pengabdi Setan. Termasuk film yang dinanti penayangannya, Dilan 1990 memang punya banyak penggemar terutama oleh para pembaca novelnya. Film garapan Fajar Bustomi itu memang diadaptasi dari novel laris karya Pidi Baiq.

Namun rasanya pihak produser pun tak mengira Dilan 1990 bisa sukses besar dan memunculkan fenomena tersendiri di awal tahun. Demam Dilan terjadi di mana-mana terutama di media sosial. Entah kebetulan atau tidak, banyak film nasional yang meraih sukses merupakan adaptasi dari novel atau buku laris.

Berikut ini kita simak daftar 6 film Indonesia terlaris sepanjang masa, yang 3 diantaranya merupakan adaptasi dari buku atau novel. Dua merupakan film komedi dan satu lagi film bergenre horor. Apa kamu sudah menonton semua film di bawah ini?.

 

1. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2

Film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2 merupakan sekuel dari Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1. Film yang dibintangi Abimana Aryasatya, Vino G. Bastian, Tora Sudiro dan Indro Warkop ini dirilis pada 2017 ini mendapatkan 4 juta penonton dan jadi film Indonesia terlaris keenam sepanjang masa.

2. Pengabdi Setan

Keberhasilan Danur di awal tahun 2017 ternyata berhasil dilampaui oleh film horor lainnya yaitu Pengabdi Setan. Remake dari film berjudul sama di era 80-an ini ternyata sukses besar dan melejitkan para pemainnya seperti Ayu Laksmi yang berperan sebagai Ibu. Film garapan Joko Anwar ini mendapatkan 4,2 juta penonton dan jadi film Indonesia terlaris 2017.

3. Habibie & Ainun

Film yang diangkat dari buku karya BJ Habibie ini sempat jadi film Indonesia terlaris kedua sepanjang masa sebelum tergeser ke posisi keempat. Habibie & Ainun yang dibintangi Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari berhasil membuai dan mengundang banyak penonton. Dirilis pada 2012, Habibie & Ainun memperoleh 4,5 juta penonton.

4. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi sempat jadi film Indonesia terlaris sepanjang masa sebelum tergeser ke urutan ketiga. Film garapan Riri Riza dan produser Mira Lesmana ini diadaptasi dari novel laris berjudul sama karya Andrea Hirata. Laskar Pelangi yang dirilis pada Lebaran 2018 ini.

5. Dilan 1990

Ini dia film yang membuat euforia di awal 2018. Meski awalnya sempat banyak dicibir terutama karena pemilihan Iqbaal Ramadhan sebagai pemeran Dilan, film garapan Fajar Bustomi ini ternyata laris-manis dan banyak dibahasa di media sosial.

Dilan 1990 yang masih tayang di beberapa bioskop sudah mendapatkan 6,3 juta penonton dan sepertinya akan menjadi film Indonesia terlaris kedua sepanjang masa.

6. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1

Hampir sama seperti Dilan 1990, sejak awal akan dibuat film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1 sudah mendapat banyak protes dan cibiran. Namun saat ditayangkan pada Septemer 2016, film garapan Anggy Umbara dan Falcon Pictures sukses besar.

Hasilnya, rekor Laskar Pelangi jauh dilewati dan film komedi yang ikut dibintangi Indro Warkop ini meraih 6,8 juta penonton yang belum tertandingi sampai saat ini.

Loading