Sukses

News & Entertainment

Editor Says: Polemik Reza Arap Disebut Jiplak G-Dragon

Fimela.com, Jakarta Kehidupan remaja masa kini tampaknya memang tak jauh-jauh dari perdebatan tanpa ujung di social media. Seperti yang ramai dibahas beberapa hari ini tentang lagu Reza Arap alias Rapyourbae yang diduga menjiplak karya pentolan BigBang, G-Dragon.

Tudingan ini jadi topik panas di berbagai platform social media. Baik fans Arap maupun G-Dragon sama-sama hobi berolahraga jempol dan adu argumen dengan sangat, sangat aktif.

Lagu yang dimaksud berjudul King (of Tale), di mana Reza berkolaborasi dengan komposer hits Eka Gustiwana. Ketika single tersebut dirilis banyak VIP, sebutan fans BigBang yang keberatan dan menuding Arap meniru lagu G-Dragon, Bullshit (2017).

 

- KING ON MY YOUTUBE CHANNEL ©️ @TNJDR Records.

A post shared by YOURBAE🇮🇩 (@rapyourbae) on

Perang komentar pun tak terhindarkan, hingga kedua belah kubu saling beropini dengan kata-kata yang menjurus kasar. Adu kekuatan juga terjadi di kolom like dan dislike, di mana klip King mendapat 56 ribu jempol ke atas dan 23 ribu jempol ke bawah.

Atas tudingan ini, Arap dan Eka memberi tanggapan dengan cara berbeda. Seperti biasa, sang gamers ganteng idaman merespon serangan haters dengan gayanya yang 'khas'. Sementara Eka Gustiwana selaku produser musik menjabarkan dengan detail dari berbagai aspek.

Lalu pertanyaannya, benarkah lagu Reza Arap ini menjiplak salah satu karya baru G-Dragon? Mereka lebih suka menyebutnya terinspirasi.

Mirip Nggak Mirip

Lewat postingan Instagram, Eka Gustiwana menjelaskan secara detail dari segi teknis. Menariknya Eka mengakui bahwa ada beberapa lagu yang jadi referensi untuk menggarap lagu Reza Arap tersebut, salah satunya lagu G-Dragon.

Terinspirasi adalah kata yang harus di-highlight dalam ulasan kali ini. Eka menunjukkan cuplikan 5 lagu yang punya kemiripan di drop lead dan beat. Dan Bullshit termasuk salah satunya.

Tak sekedar menjelaskan dengan bahasa teknis, Eka juga membahas tentang reputasi yang selama ini ia bangun. "Nggak mungkin saya melakukan sesuatu yang tidak bertanggung jawab," katanya.

Arap sepertinya memang banyak terinspirasi G-Dragon. Dari gaya penampilan, penggunaan set tempat tidur di video klip, sampai judul lagunya sendiri menunjukkan bahwa influence GD memang ada.

 

A post shared by YOURBAE🇮🇩 (@rapyourbae) on

G-Dragon dijuluki sebagai King of K-Pop, hal ini rasanya sudah banyak diketahui oleh para netizen berusia muda. Karenanya banyak yang tak terima kalau julukan King itu diklaim oleh seorang Reza Arap.

Apakah lagunya sepenuhnya menjiplak? Rasanya tidak, karena sepertinya lagu Reza Arap itu hanya terinspirasi karya G-Dragon, yang kemudian dirancang sedemikian rupa dengan sound dan instrumen yang original. Mirip? Iya. Toh sang pembuat lagunya juga sudah mengakui dan meminta maaf. Jadi rasanya tak perlu saling menyebut kubu satunya dengan plagiat dan kubu lain sebagai pemuja plastik. 

;
Loading