Sukses

Entertainment

Bambam GOT7 dan Ten NCT Ikut Undian untuk Masuk Wamil di Thailand, Kok Bisa?

Fimela.com, Jakarta Bambam GOT7 dan Ten NCT sukses membuat para penggemarnya was was. Pasalnya, dua idol K-Pop ini baru saja pelesiran ke Thailand dan mengikuti undian wajib militer yang diadakan di Negeri Gajah Putih tersebut.

Well, Korea Selatan memang bukan satu-satunya negara yang punya wajib militer, Thailand juga. Kalau Korsel masih dalam fase perang dengan negara tetangga, Korea Utara, maka di Thailand ada civil war, alias perang organisasi dalam satu negara. Untuk menentukan siapa saja yang ikut wajib militer, kedua negara tersebut punya sistem berbeda.

Di Korea Selatan, semua pria berusia 19 tahun wajib hukumnya ikut wajib militer. Mereka baru bebas kalau memang secara fisik dianggap tidak mampu untuk melakukan wajib militer yang mengharuskan mereka terpisah dari keluarga selama hampir 2 tahun. Kalau di Thailand, tak semua pria ikut wajib militer. Mereka bisa bebas kalau mendapatkan black card.

Setiap bulan April, pria Thailand yang sudah berusia 21 tahun wajib untuk mengikuti sistem undian penentuan siapa yang harus ikut wamil. Undian ini biasanya diadakan di sekolah-sekolah atau gedung pertemuan di tiap area. Kenapa ada sistem undian? Karena tiap tahun jumlah atau kuota untuk yang wajib militer sudah ditentukan. Jika banyak sukarelawan yang bersedia wajib militer, maka kesempatan bagi yang ikut undian lolos dari wamil semakin besar.

Kalau jumlah sukarelawan lebih sedikit dari total kuota yang ditentukan, maka para pria wajib untuk ikut undian. Sebelum pengambilan undian berlangsung, mereka dicek dulu kesehatan fisiknya. Jika dianggap sehat, maka ke tahap selanjutnya yaitu pengambilan undian apakah akan wamil atau tidak. Kalau ternyata tidak lolos tes kesehatan, maka dia bebas untuk tidak wamil.

Undiannya adalah mereka harus mengambil kartu dari sebuah kotak. Jika mendapat kartu hitam alias black card, maka mereka bebas dari wajib militer. Tapi jika mendapat red card, mau tak mau mereka harus wajib militer di tempat yang sudah ditentukan selama satu sampai dua tahun. Lamanya masa wajib militer ditentukan oleh tingkat pendidikan mereka. Satu tahun untuk sarjana dan dua tahun bagi lulusan SMA.

Buat sukarelawan, mereka punya masa wajib militer lebih singkat daripada yang wamil karena dapat red card. Jika sudah sarjana, maka wajib militer untuk sukarelawan cuma 6 bulan. Sedangkan yang belum sarjana akan wamil selama satu tahun. Selain itu sukarelawan berhak untuk memilih di mana mereka akan wamil. Pilihannya antara tentara, angkatan laut, dan angkatan udara.

Tentu saja seorang pria Thailand boleh menunda untuk ikut undian wajib militer dengan alasan masih belajar sebagai mahasiswa. Mereka boleh menunda sampai usia 27 tahun asal masih berstatus sebagai mahasiswa.

Ten NCT ikut seleksi wajib militer ini pada tanggal 1 April lalu. Saat melakukan pemeriksaan fisik, Ten dianggap tidak layak untuk ikut wajib militer karena cedera yang pernah dialaminya. Pelantun lagu New Heroes ini pun tidak perlu ikut undian dan bisa beraktivitas kembali sebagai idola K-Pop.

Sama seperti Ten NCT, Bambam GOT7 juga dinyatakan gagal dalam seleksi wajib militer pada tanggal 9 April 2018 lalu. Hal tersebut dikarenakan kuota sudah terpenuhi atas banyaknya relawan. Momen ini pun membuat para penggemar Bambam GOT7 membuat tagar #BlackCardBambam sebagai bentuk dukungan dan sukses menjadi trending nomer satu di Twitter.

 

Sumber: Kapanlagi.com

Penulis: Rahmi Safitri

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading