Sukses

Entertainment

Editor Says: Maha Benar Netizen dengan Segala Komentarnya

Fimela.com, Jakarta "Main medsos itu kudu punya hati seluas samudera dan lapang dada," tulis Inul Daratista dalam akun Instagram pribadinya,  Jumat (13/4/2018).

Penggalan kalimat itu merupakan bagian dari curahan hati pemilik Goyang Ngebor itu terkait perilaku netizen. Pernyataan Inul memang tak berlebihan karena ia memang mengalami kejamnya komentar netizen. Tak sedikit malah yang melontarkan kalimat aau kata-kata tak pantas.

Belum lama ini, Anisa Bahar pun sempat menerima kecaman dari netizen. Hal itu bermula dari perselisihannya dengan Juwita. Anisa disebut sebagai orang tua yang tak baik. Anisa sempat meradang dengan komentar pedas kanan kiri terhadap dirinya.

"Maha benar netizen dengan segala komentarnya," sindir Anisa saat itu.

Tak hanya Anisa sejumlah netizen yang lain pun sempat mengungkapkan hal tersebut. Inul Daratista, Anisa Bahar, tak sendiri. Banyak artis lain yang juga menerima komentar tak sedap dari netizen. Komentar netizen yang cenderung menghakimi itu, sepertinya mereka dinilai lebih tahu persoalan yang mereka sedang hadapi.

"Dibalas salah, gak dibalas juga salah," keluh Inul Daratista.

Merusak Mental

Merujuk penelitian yang dilakukan oleh Royal Society for Public Health (RSPH) dan Charity Young Health Movement di Inggris. Mereka melakukan penelitian terhadap 1500 anak muda, usia 14-24 selama awal bulan-bulan pertama tahun 2017. Hal tersebut seperti dilansir CNN Indonesia.

Hasil penelitian tersebut memberikan hasil yang mengejutkan. Berdasarkan rating, Instagram, dinilai sebagai aplikasi media sosial yang memiliki efek negatif paling banyak. Seperti citra tubuh, meningkatkan rasa takut seseorang akan ketertinggalan, hingga efek buruk pada tidur.

Tentu saja media sosial juga, Instagram, misalnya, punya banyak manfaat yang tak sedikit. Di mana orang bisa berinteraksi dengan sesama dapat lebih mudah, dan lainnya.

Hasil penelitian tersebut memang tak berlebihan. Jika dicermati beragam komentar bermuncul, dari yang bersifat religi hingga sumpah serapah. Mereka bebas melontarkan apa saja.

Ajakan untuk menggunakan media sosial secara bijak perlu diapresiasi. Entah, ajakan tersebut datang dari siapapun. Setidaknya itu untuk menghindari apa yang disampaikan Anisa Bahar dan beberapa netizen, "Maha benar netizen dengan segala komentarnya."

 

Komarudin

Editor Kanal Celeb

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading