Sukses

Entertainment

Kisah Amoroso Katamsi, Pemeran Soeharto Lawan Komplikasi Penyakit

Fimela.com, Jakarta Aktor senior, Amoroso Katamsi yang dikenal dengan karakter ikoniknya memerankan sosok Presiden Soeharto di beberapa film meninggal dunia pada Selasa (17/4/2018) dini hari. Diketahui, Amoroso Katamsi meninggal dalam usia 77 tahun.

Berdasarkan pantauan Bintang.com di rumah duka, Jalan Kamper nomor 9 perumahan Angkatan Laut pangkalan Jati, kesibukan tampak terasa. Satu persatu, pelayat mulai berdatangan. Diantara mereka, tampak tetangga-tetangga terdekat dan beberapa anggota angkatan laut.

 

Menurut penuturan Doddy Katamsi, sang ayah meninggal dunia lantaran sudah lama mengidap penyakit komplikasi di organ dalamnya.

"Udah bertahun-tahun sebetulnya. Jadi ada kanker usus, ada ginjal, jadi banyak. Terus kemaren tuh udah sering keluar masuk rumah sakit, tapi ya dia masih fight," ujar Doddy Katamsi di rumah duka.

Sekian lama berjuang melawan penyakitnya, Amoroso Katamsi pun kalah oleh takdir. Kondisinya semakin menurun pasca terjatuh di kamar mandi.

 

"Kemaren dropnya tuh pas abis jatuh di kamar mandi terus bahunya patah, dropnya sejak itu. Jatuhnya udah sebulan lalu, tapi makin kesini makin drop, masuk Rumah Sakit, pulang, masuk Rumah Sakit, pulang, terakhir drop banget, denyut nadinya turut terus ya gitu akhirnya meninggal," terang Doddy.

Diketahui, Amoroso Katamsi meninggal dunia saat tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Angkatan Laut Mintohardjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Rencananya, setelah disemayamkan di rumah duka, ayah dari vokalis band Elpamas, Doddy Katamsi itu akan disholatkan di mesjid Imam Bonjol, kawasan Pondok Labu untuk selanjutnya dimakamkan Tanah Wakaf, Pondok Labu.

 

Semasa hidupnya, Amoroso pertama kali terjun ke dunia seni peran lewat perannya di film Cinta Abadi pada tahun 1976. Setelah itu, namanya kemudian mencuri perhatian setelah memerankan sosok Soeharto di film Djakarta tahun 1966 dan Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI garapan Arifin C. Noer. Setelah itu, sosok Amoroso juga tampil memerankan presiden Soeharto di film Dibalik 98 garapan Lukman Sardi.

Bukan hanya pandai berakting saat memerankan tokoh Soeharto, nama pria kelahiran Batavia, Hindia Belanda, 21 Oktober 1940 itu juga aktif di dunia sinetron Tanah Air dengan berbagai peran. Terhitung, Amoroso Katamsi pernah bermain dalam beberapa judul sinetron seperti Tukang Bubur Naik Haji, Orang-Orang Kampung Dukuh, serta Tuhan Beri Kami Cinta.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading