Sukses

News & Entertainment

To Tip or Not to Tip?

tipMasalah 1: Kalau pelayanannya nggak memuaskan, harus kasih tip?
What to do: Standar tip adalah 15 sampai 20 persen untuk pelayanan yang standar sampai memuaskan. Kamu bisa tetap memberikan tip 10 sampai 12 persen. Kalau nggak memberikan tip, kamu nggak mau dibilang mengambil rezeki tambahan seorang pekerja yang gajinya pas-pasan, kan? Jika pelayanan nggak memuaskan, sampaikan pada manajer. Tapi ingat kalau pelayan bukanlah yang memasak makanan yang kamu pesan, dan jangan hukum dia kalau masalahnya ada pada makanan.

Masalah 2: Ada tip jar di kasir. Haruskah memberikan tip ke semua orang?
What to do: Hanya jika merasa sangat puas. Jika si waiter ice cream booth menambahkan ekstra topping ke Chocolate and Hazelnut Double Scoop pesanan, beri dia tip. Skip the tip for the girl who simply hands you a doughnut; it's in her job description.

Masalah 3: Perlu nggak kasih tip untuk delivery man pesan antar? Bagaimana dengan take away?
What to do: Si pengantar biasanya boleh menyimpan semua tip yang diberikan, sedangkan charge delivery goes to the restaurant. Kalau take away, nggak perlu memberikan tip. Tip delivery man 10 persen dari total bill. Pikirkan juga cuaca, berapa lama waktu yang dihabiskan untuk mengantar dan apakah masih hangat, dan seberapa sering kamu memesan dari tempat tersebut.

Loading