Sukses

Entertainment

Wabah Ulat Bulu Timbulkan Gatal-Gatal Di Kota Lain?

Gatal disebabkan karena alergiAda segelintir orang yang tiba-tiba terserang gatal-gatal di tubuhnya secara misterius. Misalnya saja ada seorang pembaca FIMELA yang sekujur tubuhnya tiba-tiba memerah dan gatal-gatal saat pulang kantor dan ada juga anak seorang Fimela friends yang tiba-tiba kulitnya muncul merah-merah saat sedang asyik bermain. Apakah semua ini ada hubungannya dengan wabah ulat bulu yang sedang melanda di beberapa kota? Kalau kamu salah satu penderita, you have to keep reading.

“Gatal di seluruh tubuh secara tiba-tiba dapat disebabkan oleh bermacam sebab, misalnya saja karena suhu udara, stres, hormonal, infeksi virus, dan lainnya. Sedangkan, ulat bulu dapat menyebabkan rekasi alergi berupa bentol-bentol merah dan gatal, dapat timbul tiba-tiba. Reaksi ini tidak selalu timbul pada semua orang yang terkena ulat bulu. Biasanya timbul pada mereka yang alergi terhadap ulat bulu, baik sedang ada wabah maupun tidak ada wabah.” dr. Titi, Sp. KK., menjelaskan pada tim FIMELA.com.

Bisa jadi gatal-gatal yang kamu alami secara tiba-tiba belakangan ini memang merupakan reaksi alergi terhadap suatu zat yang nggak kamu sadari. “Alergi adalah keadaan saat seseorang hipersensitif terhadap sesuatu sehingga menimbulkan rekasi yang dapat berupa berbagai macam ruam kulit. Biasanya alergi ada faktor genetik/bakat/keturunan,” dr. Titi kembali menjelaskan.

Untuk mencegah supaya kamu nggak terserang gatal-gatal dadakan lagi, kamu harus mengetahui zat apa yang bisa menimbulkan alergi pada tubuhmu. Perhatikan saat-saat ruam merah muncul ataupun saat tubuhmu merasa gatal. “Penyebab alergi bisa bermacam-macam, bisa dari luar tubuh, berupa makanan, debu, suhu/udara, obat, dan bahan lainnya. Ataupun faktor dalam tubuh, ketika sedang stres atau terjadinya pembentukan antibodi terhadap sel tubuh sendiri (autoimun). Coba mulai kenali diri sendiri,” dr. Titi menambahkan.

Seperti yang sudah dijelaskan oleh dr. Titi tadi, kamu harus bisa mengidentifikasi zat-zat apa yang bisa menyebabkan kamu menggaruk tubuh secara membabi buta. Dengan mengenali zat-zat tersebut, tentunya kamu bisa menghindari atau setidaknya meminimalisasi kontak dengan zat tersebut sehingga nggak akan ada lagi serangan gatal dadakan.

Lalu, bagaimana pertolongan pertama saat kita terserang gatal-gatal? “Kalau tiba-tiba kamu terserang gatal dan tidak ada obat di sekitarmu, coba kurangi rasa gatal dengan mandi air dingin, menggunakan bedak yang mengandung mentol/salisilat, mengoleskan minyak tertentu, seperti minyak kayu putih. Tetapi, itu hanya bisa mengurangi rasa gatal untuk sementara, tidak menghilangkan reaksi alerginya. Untuk menghilangkan reaksi alerginya kamu tetap perlu minum  obat antialergi dan juga menghindari penyebab alerginya,” lanjut dr. Titi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading