Sukses

Entertainment

Tidur Seharian Saat Weekend Tidak Membayar Kekurangan Jam Tidur

Next

Kurang tidur saat hari kerja

Waktu tidur pada malam  hari adalah waktu istirahat yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Setelah beraktivitas selama seharian, pastinya tubuh membutuhkan istirahat untuk melakukan “perbaikan” pada organ-organ yang digunakan secara optimal dan sel-sel tubuh yang mungkin rusak. Bayangkan, ketika kamu menggunakan mesin saat bekerja, pastinya kamu akan memberikan waktu istirahat untuk mesin yang kita gunakan supaya mesin tersebut tidak cepat rusak.

Tentunya, hal yang diterapkan pada mesin buatan manusia pun harus kita terapkan juga pada tubuh kita. Tubuh manusia memang ciptaan yang paling sempurna, tapi pastinya kita tetap harus menjaganya agar tidak cepat “rusak” karena penggunaan yang berlebihan.

Next

kelelahan adalah salah satu dampak kurang tidurKarena itulah, istirahat pada malam hari sangat diperlukan oleh tubuh kita. Pada malam hari, tubuh kita memerlukan waktu optimal untuk melakukan perbaikan dan juga produksi sel-sel tubuh. Misalnya saja, sel darah merah yang membantu melancarkan peredaran oksigen menuju otak, biasa diproduksi saat sepertiga malam awal ketika kita terlelap tidur. Bagaimana tubuh bisa memproduksi sel-sel darah merah tersebut jika kita masih beraktivitas tanpa kenal waktu dan tidak memberikan kesempatan pada tubuh untuk beristirahat? So, nggak heran kalau orang-orang yang terlalu sering kurang tidur akan merasa cepat lelah dan pusing ketika beraktivitas.

Next

Tidur seharian selama weekend tidak bisa menggantikan waktu tidur harian yang kurang

Sayangnya, aksi balas dendam tidur yang kamu lakukan saat weekend nggak memberikan efek banyak pada tubuhmu yang kekurangan jam tidur saat hari kerja. Daniel Cohen, M. D., seorang ahli saraf di Fakultas Kedokteran Harvard mengatakan bahwa jam tidur ekstra saat akhir pekan tidak akan bisa memenuhi kebutuhan waktu tidur yang berkurang saat hari kerja.

Next

Pasang alarm satu jam sebelum tidur

Ingatlah bahwa terlalu sering kekurangan waktu tidur juga bisa berdampak negatif pada kesehatanmu. Selain penyakit jantung mengancam, kamu juga terancam bisa mengalami kenaikan berat tubuh yang sangat drastis. Karena itu, biasakanlah untuk beristirahat malam 8 jam setiap hari.

Pasanglah alarm atau pengingat satu jam sebelum kamu harus berangkat ke tempat tidur. Dengan demikian kamu bisa segera menyelesaikan semua urusan yang tertunda agar bisa cepat menuju tempat tidur sehingga target tidur 8 jam setiap malam pun bisa kamu capai. Ingatlah bahwa waktu tidur yang tidak teratur adalah salah satu dari pola hidup tidak sehat yang secara perlahan tapi pasti akan menggerogoti kesehatanmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading