Sukses

News & Entertainment

Yuna, Suara Segar Musik Kelas Dunia dari Asia

Next

yuna1Lahir dengan nama Yunalis Zarai, perempuan berusia 26 tahun ini mulai menulis lagunya sendiri sejak berusia 14 tahun, dan mulai tampil di depan umum di usia 19 tahun.  Benar-benar di luar dugaan siapapun yang mendengarkan musik Yuna, begitu ia biasa dikenal (dan juga nama panggungnya), perempuan ini memilih aliran pop soul sebagai kekhasannya sebagai musisi.  A soul diva waiting to shine.

Bila biasanya kita mendengar kata Malaysia maka identik dengan insiden-insiden yang cukup berbau politis, maka untuk bakat satu ini tidak bisa bisa dipungkiri lagi. A truly Malaysian, Yuna memulai semuanya dari situs Myspace sejak tahun 2006. Kebanyakan musiknya dinyanyikan dalam bahasa Malaysia dan Inggris. Kami harus mengakui bahwa lagu-lagunya yang ia nyanyikan dalam bahasa Inggris terdengar sempurna. Lirik-lirik ada di dalam patahan, dan komposisi yang pas. Nggak ada yang terdengar janggal.

Penyanyi perempuan yang sempat dinominasikan oleh MTV Iggy sebagai ‘Best New Band in The World’ di tahun 2011 ini akhirnya pindah ke Amerika sejak hampir dua tahun lalu. Label rekaman tempat ia bernaung saat ini, FADER Music yang berbasis di New York, rela terbang ke Malaysia untuk meyakinkan Yuna bahwa dirinya bisa besar di Amerika dengan musiknya yang memang bukan saja indah, unik, tapi juga segar. Sesuatu yang belum pernah terdengar dari kawasan Asia sejak Zee Avi.

Next

 

yunap

Yuna & Pharell Williams

Susah untuk tidak mengernyitkan alis saat kita melihat Yuna pertama kali. Musisi perempuan, masih muda, mengenakan hijab. Datang dari sebuah negara Islam yang cukup besar di Asia Tenggara. Bisakah dia berkembang? Akankah dunia menerima penyanyi seperti ini? Well, hingga detik ini Yuna membuktikan bahwa dia bisa terus maju.  It’s all about good music. Sarjana hukum yang juga memiliki usaha butik sebagai sampingannya ini (bisa terlihat dari selera fashion-nya yang menarik) ini merilis self titled album-nya yang pertama di Amerika bulan April tahun ini. Salah satu single yang diunggulkan dari album berjudul “Yuna” ini yaitu “Live Your Life” bahkan diproduseri oleh Pharell Williams.

Album Yuna berisi lagu-lagu dalam pop mood  yang menurut kami segar. Sentuhan-sentuhan soul terdengar di sana-sini. Suaranya begitu hidup, dengan lekukan-lekukan dan aksen yang mengingatkan kita pada musisi perempuan Feist atau The Cardigans. Banyak media besar, di mana ia pernah tampil atau sempat me-review musiknya, bahwa Yuna adalah Bon Iver versi perempuan. Which actually is good. Kepindahan Yuna ke Amerika memang langkah tepat. Ia mulai banyak tampil di event kecil hingga besar, cafe hingga auditorium sampai stadion di mana ribuan orang bisa mendengarkan musiknya.

Baru saja menjadi musisi pembuka untuk penyanyi Raphael Saadiq akhir tahun lalu, Yuna juga sudah tampil di beberapa acara musik televisi yang terkenal. Tentu saja bagus untuk karir musiknya. Tahun ini akan menjadi tahun yang sibuk dan besar bagi Yuna karena ia akan tampil di dua festival musik besar di musim panas ini, yaitu Bonnaroo dan Lollapalooza. Dua festival ini adalah festival musik tahunan yang sudah begitu terkenal dan selalu diisi oleh musisi-musisi kelas dunia. A trully wonderful experience for Yuna, for sure. Masih awam dengan namanya? Kunjungi Youtube sekarang dan dengar musik-musik Yuna yang indah.

Loading