Sukses

News & Entertainment

"Alhamdulillah, di Jakarta Sudah Banyak Mushalla Bagus!"

2 dari 6 halaman

Next

shalat

Padahal itulah tantangannya beribadah. Di tengah sibuknya mengejar target duniawi dan penuhnya agenda dengan banyak orang, urusan beribadah kepada Tuhan nggak boleh terlewat. Apalagi Jakarta, kota yang “khas” dengan kemacetan sehingga membuat durasi perjalanan tak terprediksi. Selagi suasana religius khas Ramadhan masih kental terasa, inilah perjalanan singkat FIMELA.com mendatangi beberapa mushalla di mall Jakarta yang nyaman untuk menjadi tempatmu beribadah 5 waktu.

3 dari 6 halaman

Next

mall

Plaza Indonesia, Lantai 3

Sebagai salah satu pusat perbelanjaan “senior” di bilangan Jakarta Pusat, Plaza Indonesia menempatkan mushalla sebagai salah satu investasi mereka untuk kepuasan pengunjung. Lokasi mushalla terbilang eksklusif karena berdekatan dengan ATM dan dekat dengan akses lift. Areanya memang tidak terlalu besar, kira-kira cukup menampung barisan jamaah sebanyak 3 shaf (baris), namun tata ruangnya apik, disertai dengan suasana yang nyaman. Yang menjadi salah satu kriteria mushalla menyenangkan adalah ketersediaan mukenah, dan di sini kami perhatikan segi kebersihan dijaga benar, karena mukenah umum yang bisa dipinjam oleh pengunjung, dicuci secara reguler. Kalau kamu sedang mencari meeting point untuk berbuka bersama di kawasan Jakarta Pusat, mall yang satu ini cukup recommended karena memiliki mushalla yang terawat bersih dan mudah diakses.

4 dari 6 halaman

Next

mall

Pacific Place, Lantai 2

Sebagai mall yang masuk dalam kategori kelas A, Pacific Place memperlakukan hal yang sama untuk pengadaan mushalla. Mereka menempatkan mushalla sejajar dengan tenant lainnya. Seperti yang umum diketahui, beberapa pusat perbelanjaan memang kadang mengecewakan karena memberi space untuk mushalla di area parkir. Itu yang membuat mushalla tak nyaman didatangi karena bercampur dengan asap kendaraan serta biasanya pengap karena terletak di lantai dasar dimana sistem ventilasinya tak memadai. Tapi, lupakan rasa nggak nyaman itu bila kamu shalat di mall ini. Dari mulai memasuki area mushallanya, kamu sudah disapa ramah oleh penjaga loker. Masuk ke dalam, area mengambil air wudhu juga diatur sedemikian rupa agar nggak membasahi area lainnya. Karpet yang menjadi alas lantai pun nyaman, bersih, dan berkontur empuk. Lalu, sebelum meninggalkan mushalla, kamu bisa berbenah diri dengan nyaman di area khusus, di situ disediakan cermin besar dengan tata cahaya yang bagus. Kesimpulannya, walau nge-mall, jadwal shalat nggak akan terlewati dengan fasilitas mushalla sebagus ini.

5 dari 6 halaman

Next

mall

Central Park, Lower Ground Floor

Mall yang terhitung baru di kawasan Jakarta Barat ini, fantastis luasnya. Bersebelahan dengan Mall Taman Anggrek yang sudah lebih dulu ada, Central Park menawarkan suasana pusat keramaian yang sedikit berbeda karena memperbanyak area hijau. Menemukan mushallanya di area terbawah dari mall ini, cukup membuat kami bertanya sedikitnya dua kali kepada petugas keamanan di sana. Dan saat sudah menemukannya, cukup tak mengecewakan karena sapaan ramah dari penjaga counter seolah menyambut kami masuk. Saat sudah berada di dalam, area mushalla yang luas dan tenang, menimbulkan perasaan nyaman. Area mengambil air wudhu pun terbilang luas, bisa menampung kira-kira 10 orang lebih, sehingga kamu tak perlu berdesak-desakkan apabila akan shalat di sana saat peak hour seperti shalat maghrib. Area mushalla yang luas, juga memungkinkan untuk pengunjung sejenak menjadikan ruangan ini sebagai pemberhentian sementara sebelum melanjutkan aktivitas, untuk mengisi ulang peralatan elektronik salah satunya.

6 dari 6 halaman

Next

mall

Gandaria City, Under Ground Floor

Seolah belajar dari mall lain yang menyediakan mushalla eksklusif, di Gandaria City kamu bisa shalat dengan nyaman dan tenang. Restoran Kafe Betawi  menjadi patokan untuk menemukan mushalla ini, terlihat dari serupanya jawaban beberapa staff di sana yang kami tanya. Sampai di sana, arus pengunjung yang sedang shalat di mushalla ini cukup ramai. Disambut oleh penjaga counter dengan ramah, kami mengambil sisi kanan yang diperuntukkan khusus untuk perempuan. Areanya cukup luas, bisa menampung sekitar empat shaf. Tata ruangnya juga cukup nyaman, karena pengunjung yang ingin mengambil wudhu, berbenah diri, atau sekadar melipir dari area shalat, bisa dilakukan di mushalla ini tanpa harus berdesak-desakan. Cermin besar dan bisa menampilkan figur seluruh badan, juga ditiru oleh pihak mall ini agar membuat mushalla semakin nyaman untuk dikunjungi. Mulai dari mereka yang berbelanja, hingga hanya sekadar menjadikan mall ini sebagai meeing point, terlihat nyaman menggunakan fasilitas beribadah satu ini. Area depan untuk menunggu rekan yang sedang shalat, juga luas sehingga nggak membuat mushalla ini sempit di depan. Kamu yang kebetulan mengenakan sepatu bertali, juga bisa dengan mudah mengenakan kemabli sepatumu, karena cukup banyak disediakan tempat duduk di depan area mushalla. Jadi, tak ada alasan nggak sempat shalat lagi, kan?

Artikel Selanjutnya
Commune: Belanja Furniture Lalu Santai Sore di Bistro
Artikel Selanjutnya
Menyambungkan Jurang Sejarah Lewat Dokumenter Grafis
: