Sukses

News & Entertainment

Olimpiade London 2012, Sejarah Untuk Perempuan

Next

ol1Sejak pertama kali diadakan di tahun 1896, tahun ini Olimpiade akhirnya mencetak sejarah khusus.  Teristimewa untuk perempuan di seluruh dunia. Tahun ini, semua 205 negara yang berpartisipasi dalam Olimpiade mengirimkan atlet perempuan. Semuanya. Tiga negara, yaitu Brunei, Qatar, dan Arab Saudi untuk pertama kalinya mengirimkan atlet perempuan ke Olimpiade.

Bagi negara Amerika Serikat sendiri, tahun ini juga menjadi istimewa karena atlet perempuan jumlahnya melebihi atlet laki-laki (296 atlet perempuan, 291 atlet laki-laki). Olimpiade 2012 ini juga menjadi sejarah bagi Tahmina Kohistani. Atlet 22 tahun dari Afghanistan yang akan berlaga di cabang lari cepat 100meter.

Tahmina menjadi atlet ketiga perempuan sepanjang sejarah olahraga Afghanistan yang dikirim ke Olimpiade. Jalan Tahmina untuk menuju Olimpiade tidak mudah. Banyak pihak yang mencibirnya karena mengikuti ajang olahraga internasional tersebut. Tahmina mengaku kekuatan yang ia dapatkan untuk mengikuti Olimpiade di Inggris berasal dari keluarganya yang terus memberikan dukungan. Tahmina yang tidak berharap banyak untuk mendapatkan medali akan berlari dengan hijab menutupi kepalanya. Meski ia tidak menang, usaha Tahmina dipastikan akan menginspirasi banyak perempuan di Afghanistan.

Next

ol2

Image courtesy of Coca-Cola Indonesia

Bagaimana dengan tim Indonesia sendiri? Tahun ini Indonesia mengirimkan 22 atlet (ditemani officials). Mereka akan berlaga di cabang bulu tangkis, angkat besi, atletik, panahan, menembak, anggar, dan judo. Pekan lalu tim Olimpiade Indonesia dikukuhkan oleh Menteri  Pemuda dan Olahraga RI Andi Mallarangeng. Senin kemarin, tim sudah sampai di London setelah berangkat dari  Jakarta dini hari.

Untuk mendukung keberangkatan dan perjuangan para atlet Indonesia di London, pihak Coca-Cola sebagai mitra Olimpiade sempat membuat campaign di media sosial, twitter, untuk menggalang dukungan. Dengan hashtag #IndonesiaSemangat Coca-Cola berhasil mengumpulkan ribuan dukungan di lini masa.

Di cabang bulu tangkis ikut diberangkatkan pasangan Liliyana dan Tantowi yang saat ini berada di peringkat tiga dunia. Cabang yang ikut diharapkan mampu menyumbang emas. Pasangan ganda campuran ini mengaku akan melakukan yang terbaik dan tidak terlalu memasang target perolehan medali.

 Let’s hope for the best!

Loading
Artikel Selanjutnya
Mendesak, Penyelamatan Laut Indonesia Harus Segera Dilakukan
Artikel Selanjutnya
Peduli Pendidikan Tapi Belum Siap Jadi Pengajar, Ini yang Dilakukan Tulus