Sukses

News & Entertainment

Socmed Lokal dengan Target Global, Mampukah Bertahan?

Next

Fimelova, pekerjaan di bidang informasi dan teknologi memang sepertinya akan terus diminati sampai jauh beberapa tahun kedepan. Hidup yang semakin digital membuat jenis komunikasi ‘pindah’ ke dunia maya. Komentar bolak-balik di twitter dengan teman tentu sensasinya beda saat hanya berbalas pesan teks, kan?

Dua tahun lalu Koprol jadi perbincangan hangat, karena memberikan rasa baru. Rasa lokal. Akuisisi oleh Yahoo menjadikan koprol semakin populer. Tapi nggak butuh lama bagi semua itu untuk berbalik. Koprol tutup.

Sebuah platform socmed baru bernama Mindtalk meluncurkan versi resminya pekan lalu, setelah setahun menjalani masa percobaan. Apa yang baru?

Mindtalk membuat ruang-ruang (room atau channel) yang diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori. Pengguna nanti diharapkan untuk memilih channel yang sesuai dengan minatnya, sehingga interaksi dan komunikasi dimulai dari channel-channel itu. Cukup direct. Setidaknya itu yang diharapkan kedua pendiri Mindtalk, Danny Oei Wirianto (salah satu figur yang juga berada di balik Kaskus) dan Robin Ma’Rufi.

mind1

Next

 

mind2

Napas Kaskus begitu terasa dalam tampilan dan cara interaksi Mindtalk. Selain update status personal, pengguna juga bisa memulai diskusi dengan menciptakan channel sendiri yang bisa diidentifikasikan dengan hashtag. Beberapa selebriti yang menjadi endorser Mindtalk bisa ditemukan di channel mereka, seperti Nidji dan Gigi. Yang seru, mobile version Mindtalk juga diperkuat dengan fungsi GPS. Kita bisa mengidentifikasikan pengguna yang sedang berada dekat dengan kita. Pinterest, twitter, foursquare, kaskus jadi satu? Feel yang kami dapat seperti itu. Yang juga unik, setelah kami coba beberapa waktu, pengguna bisa memilih tampilan versi lama atau tampilan baru dengan single stream ala Pinterest yang sleek dan catchy itu.

Mindtalk kabarnya sudah menemukan 180.000 pengguna tersebar di 190 negara (terbukti dari update yang kencang sekali dari para pengguna). Well, info lain menunjukkan bahwa 85% penggunanya masih di negeri sendiri. Pengunduhan aplikasi sudah bisa dilakukan dari mobile platform yang umum juga bisa diakses melalui PC. Di acara peluncurannya pekan lalu Mindtalk memberi penghargaan kepada beberapa today heroes (versi Mindtalk) yang mewakili beberapa channel yang ada di Mindtalk. Misalnya, pendidikan, musik, film, olahraga, dan teknologi. Salah satu penerima anugerah ini adalah Andrea Hirata, penulis novel sukses “Laskar Pelangi.” Yang jelas Mindtalk harus belajar dari perjalanan Koprol dan jangan sampai pola start-up companies’ yang dinamikanya tenggelam setelah tahun kedua juga terjadi.

;
Loading