Sukses

Entertainment

Ketenaran Jokowi Hampir Mengalahkan Noah!

Next

Joko Widodo

Keberadaan mesin pencari Google memang sudah sangat tak terpisahkan untuk kaum urban sekarang ini. Alat pencari itu menjadi tempat bertanya pertama dan paling mudah untuk mengetahui apapun. Dengan habit serba tech savvy itulah, yang kemudian mempermudah pihak Google untuk merumuskan apa yang paling disukai oleh suatu negara di satu periode tertentu. Khusus untuk Indonesia selama tahun 2012 ini, terungkap bahwa Joko Widodo, mantan walikota Solo yang “urbanisasi” menjadi Gubernur DKI Jakarta, adalah tokoh yang paling populer karena paling sering dicari via Google search.

Hasil ini termasuk hebat, karena tingginya rasa ingin tahu masyarakat umum Indonesia terhadap politikus itu setara dengan animo publik untuk mencari tahu tentang Noah dan Gangnam Style. Tahun 2012 ini memang menjadi milik band “bersampul depan” Ariel itu. Baru keluar dari rutan akhir Juli, lalu merilis album di bulan September, Noah bisa secepat kilta menyedot perhatian banyak orang untuk mencari tahu tentang mereka. Di bawah Noah, ada Coboy Junior sebagai hasil pencarian di kategori musisi terpopuler yang terbanyak untuk diketikkan namanya di kotak search engine selama setahun ini. Ini juga termasuk hebat, karena seingat kita, sudah lama sekali musisi anak-anak hanya menjadi “penghibur sampingan” dan nggak mendapatkan tempat seistimewa yang didapatkan Coboy Junior sekarang.

Next

 

Coboy Junior

Selain dunia hiburan, current affair seperti peristiwa jatuhnya pesawat Sukhoi yang terjadi pada bulan Mei silam, juga menjadi primadona pencarian di tahun ini. Dramatisnya kejadian tersebut karena mengkutpautkan banyak pihak dari berbagai kalangan, menarik rasa ingin tahu banyak pemakai internet di Indonesia untuk mencari tahu. Yang uniknya adalah, persis di bawah posisi peristiwa Sukhoi, hasil pencarian nenek gayung, sebuah urban legend Indonesia, menjadi top search juga. Kesukaan masyarakat Indonesia akan hal mistis, tampaknya memang susah terbantahkan, karena search engine pun ikut menjadi media untuk mendapatkan informasi tentang itu.

Data hasil pencarian selama tahun 2012 ini, dirilis secara resmi oleh pihak Google minggu ini yang dinamakan daftar Zeitgeist. Zetgeist, kosa kata jerman yang berarti semangat suatu zaman, adalah suatu kumpulan data terhadap lebih dari satu triliun permintaan pencarian yang diterima Google setiap tahunnya. Dari sini sangat bisa terbaca minat dan pola masyarakat Indonesia berdasarkan keingintahuan mereka akan banyak hal. Seperti halnya kenyataan kalau Jokowi sudah sangat tenar setara dengan Gangnam Style dan Noah, dua pop culture yang meledak tahun ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading