Sukses

Entertainment

Penampilan Menarik dan Komitmen, 2 Bentuk Emansipasi Versi Kartini Modern

Next

Fira Basuki

Fira Basuki: Perempuan harus tampil menarik supaya kuat!

Saya punya cerita tersendiri tentang emansipasi. Di saat saya kehilangan suami, saya sedang dalam keadaan mengandung 4 bulan. Tak genap 40 hari kepergian almarhum, saya tetap berangkat dinas bekerja ke luar negeri. Melewati itu, saya jadi tahu apa artinya kuat, yaitu harus tetap menjalani hidup tanpa harus berlarut-larut dalam kesedihan. Tindakan ini saya lakukan untuk membuktikan kalau saya tetaplah perempuan tangguh untuk meneruskan hidup. Menjalani profesi sebagai ibu dan karyawati, saya ingin menunjukkan kepada orang lain kalau cobaan yang terlihat berat itu bisa saya lewati, dan bahkan saya bisa berbuat lebih baik di tengah situasi seperti itu. Dibandingkan dengan apa yang sudah dilakukan oleh Kartini, saya pasti belum ada apa-apanya. Namun, dengan berpengalaman lewati masa berat seperti itu, semoga bisa menginspirasi orang lain untuk kuat.

Hikmah lain yang saya dapat dari kejadian itu adalah saya merasa kuat ketika berdandan dan berpenampilan menarik. Dalam keadaan berduka, banyak orang menyangka kalau saya akan lusuh dan kuyu, namun ternyata saya sebaliknya. Saya tetap berdandan dan berpakaian menarik karena sadar bahwa penampilan ini bukan hanya dilihat oleh saya sendiri tapi juga orang lain. Dengan berpenampilan menarik, selain saya merasa kuat, saya juga seperti menularkan semangat kepada perempuan lain untuk berbuat hal yang sama. Mendapat cobaan bukan berarti saya lemah.

Next

Rachel Amanda

Rachel Amanda: Perempuan harus tahu apa yang dia inginkan

Usia saya memang terhitung muda, tapi paling tidak saya tahu apa yang saya mau untuk memaknai emansipasi. Sejauh ini, emansipasi yang saya lakukan adalah berkontribusi untuk menjaga lingkungan. Beberapa waktu belakangan ini saya aktif mempromosikan gerakan anti plastik kepada teman-teman dan lingkungan saya. Ini saya lakukan karena saya tahu apa yang mau, yaitu lingkungan yang lebih baik untuk diwariskan kepada generasi berikutnya. Hal lain yang saya perjuangkan adalah pendidikan saya. Tahu bahwa bersekolah dan menuntut ilmu adalah hal utama, saya berjuang untuk konsisten dengan pendidikan, walapun godaan pekerjaan ada saja.

Seperti kata Fira, somehow emansipasi juga dilakukan perempuan ketika berdandan. Riasan yang diaplikasikan sesuai dengan keinginan kita sebagai pemilik wajah, menunjukkan keberanian untuk menampilkan diri. Bila sudah berani tampil, saya sebagai perempuan juga berani untuk berpendapat dan mewujudkan ide. Terlihat simple, namun sebenarnya berefek besar. Semua itu berawal ketika saya tahu apa yang saya inginkan. Itulah hebatnya emansipasi perempuan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading