Sukses

News & Entertainment

Eksklusif, Sentuhan Jawa di Scarf Louis Vuitton Karya Seniman Indonesia

Eko Nugroho for Louis Vuitton

Terpilihlah seniman asal Yogyakarta, Eko Nugroho bersama dua seniman besar dunia lainnya untuk memberikan interpretasi pada giant square scarf Louis Vuitton yang terkenal. Kerjasama Louis Vuitton sendiri bersama seniman-seniman internasional seperti ini sudah berlangsung sejak 2001.

Seniman pertama yang membuat desain di giant square scarf itu adalah Stephen Sprouse. Sejak saat itu, fashion house Prancis ini mempertahankan tradisi kolaborasi desain grafiti untuk giant square scarf.

Seniman-seniman sekaliber Takashi Murakami, Yayoi Kuzama juga sudah pernah membuat kolaborasi desain tekstil bersama Louis Vuitton.

 

Eko Nugroho for Louis Vuitton

Dengan sentuhan Jawa yang kental, serta latar belakang Eko Nugroho yang beragam di bidang seni (Eko sudah pernah membuat karya-karya mural, video, seni bordir, hingga komik) membuatnya memberikan desain bernapas pop urban bagi giant square scarf iconic tersebut. Graffiti yang terungkap berlatarkan gunungan (dari pewayangan), formasi mistikal manusia dan alam yang menjadi persembahan bagi dewa-dewa masa lalu. Semuanya dihadirkan dengan warna-warna cerah yang saling bertabrakan, simbol sebuah kebebasan.

Scarf hasil kolaborasi Eko Nugroho dan Louis Vuitton ini dirilis untuk koleksi fall winter 2013-2014. Promosi internasionalnya sudah memperlihatkan model terkenal Liu Wen, mengenakan scarf tersebut di lehernya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mendesak, Penyelamatan Laut Indonesia Harus Segera Dilakukan
Artikel Selanjutnya
Peduli Pendidikan Tapi Belum Siap Jadi Pengajar, Ini yang Dilakukan Tulus