Sukses

Entertainment

Berkat Miley Cyrus #Twerk Kini Jadi Kata Baru di Kamus

Miley Cyrus twerking during MTV VMA 2013

Berkat penampilannya di MTV VMA yang lalu, Miley Cyrus kini menutup wajahnya setiap dikejar paparazzi dan diprotes setidaknya puluhan organisasi masa. Tapi satu hal yang Miley tidak sangka, goyangan ‘twerking’ yang begitu kencang ia populerkan selama beberapa waktu terakhir (berbulan-bulan), membuat pihak Oxford Dictionary Onlines akhirnya mendaftarkan kata itu, bersama beberapa kata lain, menjadi kata resmi yang kini bisa digunakan dalam kalimat tulis.

Menurut pihak Oxord Dictionary Onlines sendiri, kata ‘twerk’ dan turunannya ‘twerking’ adalah kata yang sudah hidup selama kurang lebih 20 tahun di lingkungan budaya hip hop. Kata yang digunakan di ‘jalanan,’ tidak punya asal yang jelas karena dari awal digunakan dari mulut ke mulut saja, lalu akhirnya mendapat tempat di kamus bahasa populer.

Pihak Oxford Dictionary Onlines menambahkan bahwa kata ‘twerk’ itu sendiri sudah mengalami rotasi begitu kencang sepanjang 12 bulan terakhir, dan semakin kencang di awal tahun. Mereka merasa sudah memiliki cukup bukti untuk bisa mendaftarkan kata tersebut di current English dictionary.

Setelah didaftarkan di dalam kamus, ‘twerk’ kemudian bermakna : menari mengikuti irama musik yang sedang populer, dalam gerakan yang provokatif secara seksual. Biasanya dalam bentuk dorongan pinggang dan pose jongkok.

Well, ‘twerk’ tidak sendiri. Fenomena ‘selfie’ yang sudah sempat kami bahas beberapa waktu lalu, ternyata juga dianggap serius oleh pihak Oxford Dictionary. Sehingga merekapun akhirnya mendaftarkan kata tersebut menjadi kata resmi baru.

Pihak Oxford Dictionary Onlines memaparkan ‘selfie’ sebagai : sebuah foto pribadi yang diambil oleh diri sendiri, yang biasanya diambil menggunakan smartphone atau webcam dan kemudian diupload ke portal media sosial.

Perlu diperhatikan, bahwa Oxford Dictionary Onlines berbeda dengan Oxford English Dictionary. Meski mereka berasal dari rumpun yang sama. Oxford Dictionary Onlines memang melakukan adaptasi lebih luwes, lebih cepat, dan nampak lebih progrestif pada kata-kata baru yang mereka daftarkan. After all, kamus satu itu memang mendaftarkan kata-kata populer yang ada di dalam bahasa Inggris modern. Sementara saudaranya, Oxford English Dictionary memang lebih kaku dan lambat dalam menyerap kata baru.

Apapun itu, Miley Cyrus nampaknya tidak perlu menutup wajahnya lagi setiap dikejar kamera. She’s a pop culture influencer. Selebriti mana lagi yang membuat sebuah kata begitu populer, sehingga akhirnya menjadi sebuah kata resmi di kamus?

PLAYLIST VIDEO 23 JULI 2021
Loading