Sukses

News & Entertainment

Kolaborasi Seni Budaya - Teknologi dari Jay Subiakto, Andi Rianto dan Edward Hutabarat

Next

Jay Subiakto, Andi Rianto, Lea Simanjuntak, Edward Hutabarat - image from @Samsung_ID

“Make Your Mark,” filosofi yang ditempelkan pada peluncuran Samsung Galaxy Note 3 dan Samsung Galaxy Gear pekan lalu. Bakat-bakat, dedikasi, pandangan-pandangan tidak biasa serta keinginan dari masing-masing kita untuk bisa menciptakan sebuah kreasi unik. Sesuatu yang nantinya akan dikenang (membekas) di tengah-tengah masyarakat. Sesuatu yang bisa dimulai dan diraih pengguna Samsung Galaxy Note 3 dan Samsung Galaxy Gear, yang sudah dipadatkan dengan sekian banyak fitur-fitur terbaru itu.

Jay Subiakto yang sudah banyak menghasilkan pertunjukkan megah, kembali menantang dirinya sendiri untuk menghasilkan sebuah tontonan artistik. Matah Ati, Ariah, Laskar Pelangi sudah cukup membuktikan kepiawaiannya mengemas seni budaya Nusantara menjadi tontonan istimewa. Dan untuk peluncuran produk-produk terbaru Samsung, Jay mengubah ball room hotel yang mewah menjadi panggung interaktif yang belum pernah kami lihat sebelumnya.

Tiga layar panjang terpampang di sekeliling ruangan. Berikut titian-titian yang dalam kegelapan terlihat seperti papan-papan kayu. Di situlah model-model berjalan nanti. Sisi belakang adalah panggung tinggi di mana Magenta Orchestra pimpinan Andi Rianto membawakan musik-musik pengiring megah. Penonton ada di tengah-tengah. Mereka justru menjadi fokus, sementara para penampil ‘mengepung’ mereka. Pendekatan yang segar.

Next

 

Samsung Galaxy Note 3 & Samsung Galaxy Gear launching event, image from @Samsung_ID

Penonton tidak melihat ke satu arah yang sama. Justru tontonan berasal dari 4 arah. Begitu dinamis. Layar-layar di tiga arah menampilkan ilustrasi-ilustrasi digital, video-video mapping istimewa. Sesuatu yang bisa berawal dari coret-coretan pengguna perangkat teknologi terbaru Samsung itu, lewat piranti S pen yang terselip di rilisan Samsung Galaxy.

Samsung elektronik Indonesia mengapresiasi beberapa figur, yang dianggap sudah ‘making mark’ di tengah-tengah masyarakat tadi. Coretan-coretan ide mereka telah jadi karya-karya besar bagi bangsa. Antara lain ada Butet Manurung (pengajar di daerah terpencil), Nia Dinata (film), Reza Puspo (inisiator kelompok Indo Runners), Yori Antar (arsitek), termasuk juga ketiga maestro yang berkarya malam itu.

Next

 

Samsung Galaxy Note 3 & Samsung Galaxy Gear launching event, image from @Samsung_ID

Harus kami katakan, show malam itu adalah sebuah show yang epik. Begitu megah. Pertemuan tradisional dan modern. Kain-kain serta rancangan Edward Hutabarat dikenakan oleh model-model terkenal Ibukota, berjalan di panggung panjang yang disiapkan tim artistik Jay Subiakto. Sementara video-video dan grafis yang tak kalah kerennya ikut diputar di layar. Tentu show ini akan bisu tanpa musik. Di situlah Andi Rianto dan Magenta Orchestra hadir. Mengiringi langkah setiap model, yang bisa dilihat di panggung dan di layar panjang. Juga mengiringi Lea Simanjuntak yang juga tampil menghibur, membawakan beberapa lagu yang membangkitkan rasa kebangsaan yang dalam malam itu.

Overall, it’s a top class show. Malam peluncuran produk yang tidak biasa. Paparan seni budaya yang sangat, sangat berkelas. Pilihan bijak dari pihak Samsung Indonesia yang harus diapresiasi. Ketimbang melakukan launching produk dengan biasa-biasa saja. Mereka ‘making mark’ dengan memadukan seni budaya, serta dinamisnya perkembangan teknologi. Sambil menyisipkan falsafah yang relevan bagi semua orang. Dan tentunya bagi pengguna produk terbaru mereka.

Loading