Sukses

Entertainment

Kerajinan Tangan Penghasil Devisa Kreasi Anak Negeri & Napi

Next

kerajinan tangan

Keberadaan industri kerajinan tangan rumahan tidak bisa dianggap sepele. Bukan hanya memberdayakan perempuan untuk membantu menopang keluarga dengan memanfaatkan keterampilan mereka, industri juga berkontribusi menyumbang perekonomian negara. Pasalnya, tidak sedikit juga industri kerajinan tangan rumahan yang menjadi komoditi ekspor dan menyumbangkan sejumlah devisa bagi negara.

Mulai dari menggunakan kembali limbah plastik, limbah kertas , limbah tanaman hingga produksi makanan rumahan, hampir semua dilakukan oleh para pelaku industri kecil rumahan. Adalah Adiwastra Nusantara 2014, ajang pameran kain tradisional unggulan Indonesia yang membawa beragam industri rumahan berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya kain, pameran yang diadakan sejak 19—23 Februari mendatang juga menawarkan ragam produk lain, mulai dari pakaian jadi, perhiasan, beberapa perabot rumah tangga, hingga penganan tradisional pun ditawarkan dalam pameran ini.

Next

kerajinan tangan

foto: sudut booth yang menyediakan produk dari lapas di seluruh Indonesia

Satu sudut yang menarik perhatian FIMELA.com, yakni sebuah booth yang menyediakan berbagai produk hasil kerajinan tangan para narapidana di Indonesia. Dengan booth yang cukup besar dan lokasinya yang strategis, booth ‘Lapas’ ini pun cukup menarik perhatian pengunjung dengan memajang beragam hasil kerajinan tangan, mulai dari baju, sepatu, sandal, hingga tas tangan.

Salah seorang penjaga booth menjelaskan bahwa barang-barang yang dipamerkan berasal dari seluruh lapas yang ada di Indonesia. Barang-barang hasil kerajinan para napi pertama kalinya ditampilkan dan dijual ke publik pada tahun 2012 dalam sebuah pameran Napi Craft dan berlangsung hingga saat ini. Kerajinan tangan yang mereka hasilkan tidak kalah kualitasnya dengan yang ada di booth-booth lainnya. Bahkan, ada beberapa hotel yang menjadi menjadikan para napi “supplier” sandal di hotel mereka.

Next

kerajinan tangan

Penasaran menyaksikan sendiri karya-karya para napi lapas dan juga kerajinan tangan lainnya? Kamu bisa langsung sambangi Adiwastra Nusantara yang digelar di Jakarta Convention Center hingga tanggal 23 Februari mendatang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading