Sukses

News & Entertainment

Tak Lagi Dilupakan, Kota Tua Siap Berganti Wajah

Next

kota tua

Selama beberapa hari di akhir pekan kemarin saya beruntung sempat menghadiri rangkaian Fiesta Fatahillah, sebuah festival seni dan budaya yang menjadi tanda dimulainya revitalisasi kawasan Kota Tua. Rangkaian acara pembukaanya sendiri berlangsung hingga Minggu, 16 Maret 2014 yang lalu. Namun, pengunjung masih bisa melihat Jakarta Art Space di Kantor Pos sampai bulan September 2014 ini.

Revitalisasi Kota Tua sendiri sudah jadi keinginan Joko Widodo tiga bulan sejak pertama kali ia menjabat Gubernur di DKI Jakarta. Keinginan itu disambut baik oleh sebuah konsorsium bernama Jakarta Old Town Revitalization Corporation dan Jakarta Endowment for Art & Heritage. Kedua badan ini masing-masing beranggotakan pengusaha, budayawan, hingga seniman yang memang memiliki visi dan misi sama untuk terus memelihara Jakarta.

Next

 

kota tua

Menurut Joko Widodo lagi, revitalisasi Fatahillah adalah langkah kecil dari sebagian langkah besar untuk memelihara keasrian wilayah Kota Tua. Dan Gubernur DKI Jakarta itu yakin, nantinya wilayah Kota Tua akan jadi wisata favorit di seluruh Jakarta. Tak akan dilihat sebelah mata lagi.

Next

kota tua

Malam pembukaan Fiesta Fatahillah sempat diisi dengan video mapping dan festival kuliner. Untuk Jakarta Art Space yang berlangsung hingga September 2014 nanti, pengunjung harus merogoh Rp50.000,- untuk bisa melihat koleksi-koleksi karya seni yang berasal dari 46 seniman Indonesia itu. Harga yang pantas dan mudah-mudahan bisa jadi kontribusi kita untuk program revitalisasi Kota Tua itu sendiri. Ya, nggak.

Next

 

kota tua

Festival jajanannya sendiri cukup memuaskan. Panitia menyediakan area duduk persis di tepi taman Fatahillah. Cuaca mendukung bahkan sampai hari penutupan. Kami sempat sebentar menikmati menunggu matahari terbenam di taman Fatahillah, sambil menikmati minuman dari Kopi Oey Pak Bondan yang juga hadir di sana.

Mudah-mudahan, Taman Fatahillah akan lebih bersih dan enak dipandang saat program revitalisasi ini rampung. Membutuhkan waktu yang cukup lama memang karena Kota Tua memiliki 200 hektar lebih wilayah yang harus diremajakan. Sambil menunggu, melihat pameran di Jakarta Art Space menjadi ide bagus.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pameran Seni 30 Seniman Pemenang Penghargaan dari Asia
Artikel Selanjutnya
5 Tips Membersihkan Rumah Usai Banjir Jakarta Surut