Sukses

Entertainment

3 Ciri Orang Berbohong Saat Bicara

"Teknologi dan internet bisa mendekatkan orang yang jauh dari kita. Tapi, juga bisa menjauhkan orang yang dekat dengan kita."Tanggal 15 April lalu, roadshow FIMELA.com mampir ke Dharmawanita Kementerian Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia. Tak asing lagi dengan gadget dan tekologi, hampir semua lapisan masyarakat urban di Indonesia sudah akrab dengan kedua hal ini. Mbak Lolita Malaiholo, selaku Executive Producer DBM Pro membuka sesi talkshow saat itu tentang pentingnya teknologi dan internet dalam kehidupan rumah tangga. Tentu dibutuhkan kebijaksanaan untuk menghadapi kemajuan teknologi saat ini. “Internet dan teknologi bisa membantu kita menjalani keseharian, dengan catatan harus digunakan dengan bijaksana. Buat ibu rumah tangga kreatif atau yang memiliki keahlian khusus, mereka bisa menggunakan internet dan teknologi sebagai media promosi. Bukan tidak mungkin lho seorang ibu pekerja yang memiliki keahlian menjahit bisa jadi terkenal sebagai penjahit ke depannya hanya dengan rajin meng-update kegiatan menjahitnya,” tutur perempuan yang kerap akrab disapa Mbak Lolet ini.

Namun, sekali lagi bahwa untuk menangani kedua hal ini diperlukan kebijaksanaan. “Teknologi dan internet bisa mendekatkan orang yang jauh dari kita. Tapi, juga bisa menjauhkan orang yang dekat dengan kita. Karena disadari atau tidak, kita kerap asyik memainkan gadget saat sedang berkumpul dengan keluarga. Padahal, waktu berkumpul adalah waktu untuk berkomunikasi. Kenali batasan penggunaan internet pada momen-momen tersebut,” saran Mbak Lolet.

fimelafest

Di sela sesi talkshow, beberapa tips cantik menjaga kulit agar bebas kerutan pun disampaikan oleh Pond’s Institute. Well, sekadar mencuci muka secara rutin dan menggunakan BB Cream sebelum beraktivitas ternyata juga menjadi bagian dari menjauhkan wajah dari kerutan, Fimelova.

Sesi talkshow berlanjut, kali ini Hilbram Dunar, sebagai salah satu pakar public speaking sedikit mengupas tentang ilmu public speaking pada peserta roadshow yang hadir. Walaupun mayoritas peserta ibu-ibu, tapi antusiasme mereka menyimak tentang public speaking sangat tinggi lho, maklum ada juga di antara mereka yang punya “sampingan” sebagai MC.

“Ada 3 hal yang harus diperhatikan saat kita berbicara di depan umum, yakni verbal (bahasa tubuh), vocal, dan visual (penampilan). Percaya atau tidak, sekitar 55% keberhasilan kita saat berbicara ditentukan oleh penampilan dan bahasa tubuh,” ujar Hilbram. Lelaki yang mengawali kariernya sebagai pembawa acara radio ini juga membocorkan 3 indikator yang harus diperhatikan untuk mengetahui seseorang sedang berbohong atau tidak.

“Orang yang sedang berbohong ketika berbicara, cenderung bernapas lebih cepat. Karena saat berbohong, biasanya jantung akan berdetak lebih cepat. Pinocchio effect memang terjadi pada orang yang berbohong karena saat seseoranng tidak jujur, hidung kerap menjadi tidak nyaman sehingga membuat orang tersebut selalu ingin menyentuh hidung mereka. Dan satu lagi, orang yang sedang berbohong juga kerap lebih aktif menggerakkan anggota tubuh bagian kiri mereka. Kenapa? Ini menandakan mereka sedang mengaktifkan otak kanan, yang berhubungan dengan imajinasi dan kreativitas. Walaupun indikator tersebut belum pasti, tapi umumnya bisa dijadikan patokan dan sebagai public speaker sebaiknya hindari hal-hal tersebut agar apa yang kita sampaikan terlihat meyakinkna,” saran Hilbram.

Nah, seru kan tema talkshow roadshow FIMELA.com. Selain talkshow, peserta juga bisa konsultasi tentang kesehatan kulit wajah dan kebersihan pakaian di booth Pond’s dan juga So Klin yang ada di luar ruangan. Mau tahu pembicaraan menarik lainnya? Ikutin terus ya roadshow FIMELA.com.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading