Sukses

News & Entertainment

Pameran Seni: Produk Kertas dan Karya Tembikar dari Gifu, Jepang

gifu design week, kemang

Bekerjasama dengan galeri seni Dia.Lo.Gue, di Kemang, perfektur Gifu, Jepang mengadakan ‘Gifu Design Week’ yang berlangsung hingga 15 Juni nanti, Fimelova. Kesempatan yang jarang untuk bisa menyaksikan karya-karya artisanal khas Gifu, yang terkenal dengan produk-produk kertas serta tembikarnya.

Pembukaan ‘Gifu Design Week’ turut dihadiri oleh Gubernur perfektur Gifu, Mr. Hajime Furuta. Beliau menyampaikan bahwa strategi pariwisata ini, kurang lebih ingin meniru kesuksesan yang sama yang sudah diraih oleh grup penyanyi AKB48 dengan versi Indonesianya, yaitu JKT48. “Kita yakin, dengan strategi yang mirip, rakyat Indonesia juga pasti akan mengenal Gifu.” Di masa lalu, Gifu adalah kawasan yang sangat penting di Jepang. Industri dan kekayaan alam di daerah ini, jadi incaran banyak pihak. Bisa ditempuh 20 menit dari Nagoya, 2 jam pesawat dari Tokyo, atau 1 jam pesawat dari Osaka

Saat pembukaan pameran, kami juga bertemu dengan fashion designer kawakan, Harry Darsono yang tampil total ala Jepang. Lengkap dengan atasan penuh bordir huruf Jepang, kaos kaki dari kertas (buatan Gifu), dan topi kertas. Seniman yang selalu penuh semangat ini berkunjung ke Gifu beberapa kali dan mengaku jatuh cinta dengan perfektur yang mengingatkannya pada beberapa tempat di Eropa tersebut. Pengunjung pameran juga bisa melihat dokumentasi perjalanan Harry Darsono selama di Gifu beberapa waktu lalu.

Bagi yang terbiasa melihat produk-produk buatan Jepang, tentu menemukan benang merah desain yang sangat minimalis, tapi juga sangat fungsional. Yang berbeda adalah teknik pembuatan. Masing-masing keluarga, atau dalam hal ini perusahaan, punya tradisi yang berusia sangat panjang hingga jadi ciri khas mereka.  Kamu bisa menemukan perangkat makan dan minum, permainan, meja, wadah air, lampu-lampu kertas yang menarik, sampai dekorasi kertas yang terkenal berasal dari perfektur ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Belanja Baju dengan Prinsip Orang Jepang di Bobo Tokyo
Artikel Selanjutnya
6 Tujuan Liburan Akhir Tahun Terbaik di Asia