Sukses

News & Entertainment

Pawai Budaya Kreatif 2014, Kontribusi Pekerja Seni untuk HUT ke-69 Indonesia

Next

pawai budaya kreatif 2014

Pawai Budaya Kreatif 2014 yang dijadwalkan dimulai pukul 2 siang, 18 Agustus kemarin, akhirnya harus mundur cukup lama. Pembukaan di kawasan Istana Presiden dibuka langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (dengan sambutan terlebih dahulu dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu), ternyata memakan waktu cukup lama. Sehingga pawai baru benar-benar bergerak ke arah luar Istana setelah pukul 3 sore.

Next

pawai budaya kreatif 2014

Tapi, menunggu ternyata bukan masalah untuk ratusan warga yang sudah memenuhi lingkar Monas. Hawa Jakarta yang panas siang itu tak mengurungkan niat puluhan wartawan foto, warga, dan tidak sedikit karyawan yang berkantor di silang Monas untuk menyaksikan keseruan pawai budaya. Pinggir jalan sampai jembatan penyeberangan dipilih sebagai lokasi untuk melihat dari dekat 34 provinsi di Tanah Air dengan penampilan budaya mereka masing-masing.

Next

pawai budaya kreatif 2014

Saat pemekaran wilayah cukup marak dalam beberapa tahun terakhir, Pawai Budaya Kreatif 2014 kemarin jadi momen tepat untuk memperbarui khasanah seni dan budaya daerah-daerah baru. Apalagi, pawai ini diadakan bertepatan dengan momen HUT ke-69 RI.

Next

pawai budaya kreatif 2014

Yang unik, tiap-tiap provinsi dinilai oleh tim juri yang kemudian menentukan 10 provinsi dengan penampilan terbaik. Tentu susah untuk memilih antara tim provinsi Bali yang begitu rapi, kompak, dengan kostum tradisional yang mewah. Atau, tim Sulawesi Selatan dengan modifikasi baju bodo yang begitu modern. Atau, provinsi Kalimantan Timur dengan tim penari yang begitu dramatis, teriakan-teriakan. Atau provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Gunungan terbuat dari anyaman, yang ukurannya begitu tinggi dan besar. Semua tampil begitu meriah.

Next

pawai budaya kreatif 2014

Sebagai seseorang yang pernah bergabung dengan sanggar seni dan budaya tradisional, saya cukup paham dengan persiapan panjang yang harus dilewati para penampil dalam acara Pawai Budaya Kreatif 2014 kemarin. Terlebih, saat kita harus berangkat ke Ibukota dan mewakili kekayaan adat istiadat tempat kita berasal. Apalagi bila masa persiapan yang diberikan nggak cukup panjang. Kita harus bisa mengemas adat istiadat lokal menjadi pertunjukan yang seru dan meriah. Ada perasaan bangga, kompetitif, sekaligus cemas menjadi satu

Next

pawai budaya kreatif 2014

Pawai Budaya Kreatif tentu wajib menjadi agenda tahunan, yang memang lebih tepat dihadirkan setiap HUT Republik Indonesia. Keragaman warna dan budaya yang ditampilkan menjadi simbol kemajemukan bangsa kita. Kemajemukan yang kita rayakan, dan pastinya kita banggakan.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Hal yang Membuatmu Semakin Bangga dengan Indonesia
Artikel Selanjutnya
Indahnya Indonesia Bikin Selebriti Dunia Pilih Nikah di Tanah Air