Sukses

Entertainment

Golden Disk Award, “Grammy Award” Versi Korea Selatan

Jakarta ‘Musim penghargaan’, baik itu yang didedikasikan untuk para musisi atau pelaku seni peran, memang lebih banyak menyoroti ajang penghargaan yang berasal dari Amerika atau Inggris. Padahal nyatanya, dunia musik dari belahan dunia lain, sebut saja Korea, juga memiliki ajang penghargaan yang tidak kalah bergengsi. Meski masih ada beberapa orang yang meng-underestimate musik Korea, tapi tidak bisa dipungkiri, invasi musik mereka bahkan sudah berhasil menembus pasar musik di benua Amerika dan Eropa.

Selain Mnet Asian Music Award (MAMA), Korea Selatan memiliki ajang penghargaan bernama Golden Disk Award (GDA). Ajang penghargaan yang selalu digelar setiap tahun sejak tahun 1986 ini merupakan penghargaan yang diprakarsai oleh Asosiasi Industri Musik Korea yang diperuntukkan bagi para musisi-musisi Korea. Berbeda dari ajang penghargaan kebanyakan, tidak hanya ditentukan oleh penilaian dari juri dan voting, banyaknya penjualan album pun turut memengaruhi penentuan pemenang dari berbagai kategori di GDA. Karena sama bergengsinya dengan penghargaan musik di Amerika, GDA sudah dianggap seperti “Grammy Award” versi Korea Selatan.

Uniknya, meski ini merupakan ajang penghargaan Korea, tapi acara ini nggak hanya diselenggarakan di Negeri Ginseng. Selain diadakan di Korea, GDA juga pernah digelar di Tiongkok, Jepang, dan Malaysia.

Untuk tahun ini, GDA diadakan di Beijing, Tiongkok. Dan untuk pertama kalinya, GDA diadakan selama dua hari, yaitu tanggal 14 dan 15 Januari 2015, dan dipandu oleh 5 MC yang terbagi di dua hari tersebut. Beberapa kategori, seperti di antaranya adalah “Album of the Year”, “Digital Track of the Year”, “Best New Artist”, “Records of the Year”, dan “Popular Music Video of the Year” akan diperebutkan. Selain menjadi nominator, sederet musisi dengan nama besar, seperti Beast, WINNER, Sistar, GOT7, Epik High, Taeyang, CNBLUE, dan EXO juga dipastikan akan tampil dalam acara ini. Sama seperti ajang penghargaan pada umumnya, moment red carpet untuk melihatfashion para musisi Korea pun sering ditunggu oleh banyak pihak.

Tidak mengherankan jika Korea Selatan memiliki sebuah ajang penghargaan yang disamakan dengan Grammy Award, mengingat bahwa banyak pula musisi Korea yang sangat berkualitas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading