Sukses

Entertainment

Gaun Misterius ini Menjadi Trending Topic di Dunia Maya

Jakarta Fimelova, mungkin gaun ini adalah satu-satunya gaun yang paling dibicarakan di dunia maya, melebihi gaun mewah yang dikenakan Lupita Nyong’O dan Lady Gaga saat Oscars 2015. Bagaimana tidak? Warna gaun ini berbeda-beda tergantung dari siapa yang melihatnya! Lihat sendiri kalau tidak percaya.

Okay, Fimelova. Warna apa yang kamu lihat pada gaun di atas? Biru hitam? Atau putih emas? 3/4 tim editorial Fimela menyebutkan bahwa warna gaun ini adalah biru hitam, namun 1/4 dari kami melihat gaun ini berwarna putih emas. Mengalami perdebatan serupa dengan pasangan atau teman kamu?

Foto gaun ini awalnya di-post di Tumblr oleh Caitlin McNeill, perempuan asal Skotlandia berusia 21 tahun. “Jadi, dua orang teman dekat saya akan menikah, dan ibu dari calon pengantin perempuan mengambil foto gaun tersebut untuk dikirimkan ke anaknya,” kata McNeill. Ketika teman McNeill menunjukkan gaun tersebut ke tunangannya, mereka berdebat soal warna. Kemudian, McNeill membagikan foto gaun tersebut ke teman-temannya dan mereka juga berdebat. Setelah itu McNeill menaruh foto tersebut di Tumblr fan page dan ternyata gaun ini membuat heboh dunia maya. Berikut potongan percakapannya.

Foto gaun ini bahkan sampai ke layar smartphone penyanyi Taylor Swift, “I don’t understand this odd dress debate and I feel like it’s a trick somehow. I’m confused and scared. PS it’s OBVIOUSLY BLUE AND BLACK” kata Swift melalui akun twitternya @taylorswift13.

Kim Kardashian juga mengalami perdebatan serupa dengan suaminya, Kanye West, mengenai warna gaun ini. Di saat Kardashian melihat gaun ini berwarna putih emas, West malah melihat gaun ini berwarna biru hitam.

Salah satu tim editorial kami menyebutkan kalau perbedaan penglihatan warna ini disebabkan karena mood yang sedang kita hadapi. Kalau kamu melihat warna putih emas, konon mood kamu sedang baik-baik saja, sementara kalau warna biru gelap berarti mood kamu sedang kurang baik.

Tapi, setelah berdebat kusir di antara tim kami sendiri selama kurang lebih 30 menit, akhirnya kami menemukan jawaban ilmiah yang cukup meyakinkan, Fimelova! Jadi, interpretasi warna itu datangnya dari retina mata. Ada dua sel di dalam retina kita, yaitu sel berbentuk batang dan sel berbentuk kerucut. Sel berbentuk batang ini melihat warna, sementara sel berbentuk kerucut melihat bayangan, seperti putih, hitam, dan abu-abu. Sel berbentuk batang hanya bekerja ketika intensitas cahaya yang masuk ke mata mencukupi. Jadi, meskipun kamu melihat selembar kain berwarna putih, orang lain mungkin dapat melihatnya sebagai biru karena sel berbentuk batang yang kamu miliki tidak merespon dengan baik ketika pencahayaan kurang.

Intinya, Fimelova, kamu yang melihat gaun tersebut berwarna biru hitam memiliki sel retina berbentuk batang yang berfungsi maksimal. Sementara kamu yang melihat gaun tersebut berwarna putih emas, berarti sel retina berbentuk batang milikmu kurang sensitif ketika pencahayaannya kurang.

Supaya debat kusir di antara kita semua segera berakhir, berikut kami sajikan warna gaun yang sebenarnya.

It’s blue and black! Gaun ini dibuat oleh Roman Originals dan dijual dengan harga 50 Poundsterling. Berminat?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading