Sukses

News & Entertainment

Serunya Berkomunitas di Era Digital, Menurut Walikota Bandung Ridwan Kamil

Jakarta Saat ini, forum internet menjadi salah satu saluran media komunikasi yang efektif, terutama di era digital. Hal tersebut semakin memudahkan masyarakat dalam berinteraksi satu dengan yang lainnya. Melihat fenomena tersebut, salah satu portal berita independen di dalam KLN Network, Merdeka.com, yang berfokus pada general news dan entertainment meluncurkan sebuah wadah yang dapat digunakan untuk membahas atau membicarakan kepentingan bersama yaitu Forum Merdeka.

Forum merdeka adalah wadah bagi komunitas dari seluruh Indonesia untuk berkumpul, berdiskusi dan bertukar ide dan pikiran antara komunitas online yang satu dengan yang lainnya hanya dengan mengakses forums.merdeka.com dari platform masing-masing. Saat ini komunitas di Indonesia semakin menjamur, khusunya di Kota Bandung. Dengan kultur berkumpul yang telah melekat dengan warga Bandung, memunculkan kelompok-kelompok yang tergabung dari berbagai macam hobi dan minat.

Berangkat dari itu semua, KLN Talks kali ini berkolaborasi dengan Merdeka.com mengadakan 'Ngariung Sareng Kang Emil Jeung Komunitas Bandung'. Acara yang dilaksanakan hari Jumat pecan lalu bertempat di Tjendana Bistro, Jalan Sukajadi, Kota Bandung tersebut, turut menghadirkan Ridwan Kamil, selaku Wali Kota Bandung. Pria yang dikenal sangat aktif di media sosial ini memaparkan bahwa dengan cara berkomunitas ia merasakan satu frekuensi.

“Nongkrong dan kreativitas menjadi kultur orang Bandung. Dari situ banyak tumbuh grup-grup atau komunitas hobi, sosial, ekonomi, seni dan lainnya. Makanya jumlah komunitas banyak sekali lebih dari 5 ribu dari catatan saya. Ada kesamaan bikin kelompok," ujarnya di tengah acara. “Kesimpulannya, orang Bandung ini sering nongkrong. Karena sering nongkrong kan ngobrol. Ngobrol banyak yang satu selera. Karena sering ngobrol dari situ mulai bikin sosial grup seperti bikin usaha, bikin band," lanjut Ridwan, yang memotivasi anak-anak muda Bandung untuk melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat dengan cara berkomunitas.

Selain memberi motivasi kepada komunitas yang hadir, laki-laki yang akrab disapa Emil ini pun berbagi cerita akan serunya berkomunitas.Kepada tim merdeka.com yang turut hadir, Kang Emil juga mengaku, menjadi wali kota tidak lepas dari hobinya yang kerap bertukar pikiran dengan orang kreatif lainnya. "Jadi nongkrong dengan hal positif, bertukar pikiran, seperti saya gini bicara paling tidak 10 persennya bisa diserapkan," tuturnya sembari bercanda.

‘Ngariung Sareng Kang Emil Jeung Komunitas Bandung’ adalah acara kedua KLN Talks di tahun ini. KLN Talks sendiri adalah sebuah inisiasi KLN yang diadakan rutin setiap bulannya, yang bertujuan sebagai wadah para vertical sites dari KLN untuk menjalin hubungan yang kuat antara perusahaan dengan komunitas, stakeholders dan clients. Acara yang dihadiri oleh lebih dari 30 komunitas yang terdiri dari minat dan hobi ini pun ditutup dengan sukses oleh Didik Supriyanto selaku Pemimpin Redaksi Merdeka.com dan Redaktur Pelaksana Muhammad Hasist. Turut hadir juga CNO KLN Wens Manggut dan Redaktur Eksekutif Ramadhian Fadillah pada acara tersebut.

Sampai jumpa di KLN Talks selanjutnya.

;
Loading