Sukses

News & Entertainment

Fashion Indonesia: Dari Runway Ke Red Carpet

Jakarta Bunga Citra Lestari in Adrian Gan | Titi Kamal in Ghea | Olga Lydia in Iwan Tirta by Era Sukamto | Julie Estelle in Sapto Djojokartiko

Sungguh menyenangkan sekarang ini melihat karya desainer negeri sendiri tampil dibanggakan di perhelatan berskala nasional yang diminati publik segala strata di tanah air ini, FFI 2016. Mungkin baru dalam 4-5 tahun belakangan ini saja para pesohor dunia hiburan, entah itu aktris aktor film, maupun penyanyi terkenal nampak tampil dengan mengenakan outfit kreasi desainer fashion terkemuka Indonesia.

Bahwa dulu-dulu pun aktris aktor ini sudah memakai pakaian buatan dalam negeri, betul. Tetapi bahwa busana-busana tersebut dipilih dari gelaran annual show para desainer, rasanya belum terlalu lama.

Memangnya, apa bedanya? Toh sama-sama buatan dalam negeri? Begitu mungkin pertanyaannya. 

Menurut kami, tidak sama. Karena, para desainer fashion Indonesia sesungguhnya sudah lama berjuang sendiri untuk tumbuh dan mengembangkan eksistensi mereka demi passion dan kecintaannya pada fashion. Sebagian berhasil menjejakkan diri dan memberi pengaruh di perkembangan masyarakat kita, sebagian lagi stagnan, sebagian lagi menyerah.

Para desainer pejuang ini, tak henti berkomitmen untuk terus berkarya, dan memarketkan karya mereka melalui fashion show-fashion show yang berbiaya besar. Sebuah fashion show bukanlah pekerjaan cetek. Ada tenaga, pikiran, hati, dana, dan pengorbanan-pengorbanan lainnya yang harus dikeluarkan. Tentunya hal yang sama dialami pula oleh para pemain di industri film dan hiburan.

Maka, ketika pada titik ini tampak kedua dunia itu blending di satu event prestisius, itu menggembirakan.

Mari simak beberapa contoh di bawah ini, hasil browsing kami di instagram, yang kami pasangkan dengan hasil liputan Fimela.com dari berbagai fashion show besar yang terjadi di tahun 2016 ini.

 

Cut Mini, mengenakan bolero panjang yang keluar di annual show Biyan, "Benang Merah",
bulan Juni 2016 lalu.

Di atas, aktris Michelle Ziu memilih gaun rancangan Didiet Maulana untuk Ikat Indonesia, dari annual show Fall/Winter collection yang belum lama digelar, pada akhir Oktober 2016 ini.

Gaun batik sutra halter bermodel A line yang flowy kreasi Edward Hutabarat, pada show "Batik Journey" perayaan 35 tahun berkarya, Januari 2016 lalu, dipilih oleh model dan aktris film Renata  Kusmanto yang sedang hamil.

Tentunya masih banyak deretan aktor aktris lainnya yang tampil dengan memakai karya desainer Indonesia. Bukan saja di event FFI 2016 ini, tetapi juga di banyak perhelatan lainnya. 

Dari sini, kita bisa lebih berbesar hati dan bangga, karena terlepas dari isyu perpecahan apapun yang sedang mendera bangsa kita saat ini, creative people bangsa kita, pasti akan tetap berkarya dan memperjuangkan keIndonesiaannya. No matter what.

;
Loading