Sukses

Entertainment

Langkah Luna Maya Bangun Kerajaan Bisnis

Fimela.com, Jakarta Masih tergolong muda, Luna Maya sudah punya kerajaan bisnis sendiri. Selain menjadi seorang pengusaha muda, wanita kelahiran Denpasar, Bali, 26 Agustus 34 tahun lalu ini juga masih disibukan dengan kegiatan syuting, meski tidak terlalu sering seperti beberapa tahun lalu. Luna Maya mengaku, tertarik untuk berbisnis dimulai sejak tahun 2007 lalu. Kala itu kebetulan kariernya sebagai pekerja seni sedang berada di puncak. Uang yang dihasilkan dari kerja kerasnya, disisihkan untuk investasi dengan membeli properti, membuka kafe di kawasan Bandung, hingga membuka bisnis clothing bersama rekan bisnisnya.

“Karena kerjanya dulu lagi banyak, duitnya lumayan jadi investasi deh,” kata Luna saat berbincang dengan Bintang.com di gerai Luna Habit di kawasan Jakarta Barat belum lama ini.

 

 

Singkat cerita, pada tahun 2014, Luna tak lagi menjalani bisnis clothing dengan rekan bisnisnya. Ia kemudian memilih untuk menekuni bisnis clothing sendiri.

“Tahun 2007 buka clothing dan 2014 sudah tidak lagi kerjasama karena sudah beda visi dan misi dengan partner, jadi aku buka sendiri, dan 2015 aku luncurkan Luna Habit, ready to wear, kita sebut available luxury. Kalau mau yang modis dan lagi nge-trend dan nggak mahal, yah di Luna Habit,” kata Luna sembari tersenyum. 

Menurut Luna bisnis clothing yang dirintisnya dengan merek dagang Luna Habit sejak tiga tahun lalu itu, sudah berkembang pesat, meski sempat mengalami hambatan di tahun-tahun awal. Omzetnya pun kini meningkat sejak satu tahun belakangan ini. Hal tersebut diharapnya bisa mendatangkan profit di tahun keempat dan seterusnya.

“Ini growth-nya naik terus. Secara sale overall dari 2015 naik terus,” kata Luna Maya.

Setelah membuka bisnis clothing dengan merk dagang Luna Habit, Luna Maya mulai melebarkan sayap usahanya di bidang lain. Bukan lagi bergerak di dunia fesyen, ia kemudian membuka lini usaha lainnya yang bergerak di bidang kuliner.

“Ada Martabak, Castela, dan nanti mau bikin paket nasi ayam hemat bumbu khas Indonesia, bukanya nanti 12 Mei 2018,” kata Luna. “Properti masih ada beberapa yang kita punya tapi belum diapa-apain. Untuk kafe sudah tutup,“ imbuh Luna Maya.

 

Luna Maya belajar bisnis dari nol

Perjuangan Luna Maya dalam merintis bisnis terbilang tidak mudah, bahkan bisa dibilang berdarah-darah. Berkali-kali Luna harus jatuh, namun dia pantang menyerah. Luna mengatakan banyak hambatan yang harus dilaluinya dalam membangun merk dagang Luna Habit miliknya. Apalagi ia harus menjalankan semuanya sendiri.

“Aku saja di dalam tiga tahun ini merasa sudah deh menyerah saja, mungkin sudah sampai lima kali ya, dan itu mungkin yang bikin muka aku sekarang jauh lebih tua,” kata Luna Maya sambil terkekeh.

 

Menurut Luna kesalahan strategi dalam menjalankan bisnis dari tahun pertama hingga kedua sempat membuatnya merugi, bahkan sampai mendatangkan utang usaha yang banyak.

“Aku sampai sekarang belum untung. Pasti nggak percaya? Karena di tahun pertama dan kedua masih banyak melakukan kesalahan. Agresif dan sok tahu. jadi investasi yang meluap,” kata Luna.

 

Meski merasa pusing dan sempat ingin menyerah, namun Luna tetap bertahan. Kini seiring berjalannya waktu Luna yang belajar banyak dari kesalahan, membuat dirinya lebih baik sebagai pebisnis.

Bisnis clothing yang dirintisnya pun kini berkembang pesat, dan sudah memiliki beberapa cabang di beberapa kota besar di Indonesia.

“Memang kesalahan yang lalu ini bikin utangnya lumayan banyak. Karena kebodohan sendiri. Tapi ya sudahlah, mungkin aku harus melalui proses itu untuk bisa belajar dan suatu hari apa yang aku kerjakan bisa menghasilkan,” kata Luna Maya.

 

Dengan pengalamannya tersebut, Luna mengaku sering dipanggil untuk menjadi pembicara di kampus-kampus dan seminar tentang usaha.

“Padahal sukses juga belum banget yah. Tapi setidaknya aku bisa share perjuangan aku karena banyak orang yang nyoba usaha terus gagal, dan putus asa. Intinya aku kasih tahu jangan menyerah kalau punya skill, dan kemauan, jangan never give up karena mungkin kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda,” demikian ungkap Luna Maya.

 

Luna Maya, antara bisnis dan asmara

Kesuksesan Luna Maya di bisnis dan dunia hiburan, tak berbanding lurus dengan urusan asmaranya. Beberapa kali menjalin asmara, hubungannya selalu gagal di tengah jalan. Saat ini Luna Maya menjalin hubungan dengan Rheino Barack. Namun hingga saat ini, belum ada tanda-tanda keduanya naik ke pelaminan. Disinggung mengenai hal tersebut, wanita 34 tahun itu mengaku sulit untuk menjawabnya.

“Nggak tahu, aku juga bingung kalau ditanya begini. Karena aku nggak tahu jawabannya kalau pun akan ada rencana dan terjadi sesuatu yang kalian tanyakan terus menerus itu kalian pasti tahulah, aku nggak bakalan menutupi,” kata Luna Maya.

 

Selama menjalin hubungan dengan Rheino sejak 2013 lalu, Luna mengaku memang belum melihat tanda dari Rheino untuk mengajaknya melangkah ke pelaminan. Makanya, jika ditanya kapan menikah oleh awak media, dirinya kerap menghindar.

“Tapi kalau ditanya kapan? yah aku nggak tahu, karena memang belum ada rencana dalam artian gimana yah, mungkin selama ini kalian melihat pasangan idealnya menikah. Tapi ada satu dua yang tidak, saya juga bingung menjawabnya karena (dalam hubungan kami) masalah yah ada, jalannya juga belum dikasih sama Tuhan, dan mungkin ada alasan-alasan lain kenapa belum (menikah),” ujarnya.

 

Luna tak mau berpikir negatif mengenai hubungannya dengan Rheino. Ia percaya jodoh sudah ditetapkan Yang Maha Kuasa.

“Mungkin ada yang lebih baik untuk saya atau dia. Mungkin juga jodoh. Kan nggak ada yang tahu. Semua masih berproses. Mungkin ada yang bilang sudah lama pacaran kok belum menikah? Yah, kan ada juga pasangan yang pacaran sampai puluhan tahun dan ada juga yang satu dua bulan langsung menikah, jalan orang kan beda-beda. Jalan saya mungkin begini,” tutup Luna Maya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading