Sukses

News & Entertainment

Sepak Terjang Karier Seleb Muslim di Kancah Hollywood

Fimela.com, Jakarta Agama merupakan hal yang sangat sensitif. Setiap orang bebas untuk menentukan agama yang dianutnya. Seperti halnya deretan selebriti Hollywood di bawah ini yang ternyata memeluk agama Islam sebagai pedoman hidupnya.

Sebut saja Janet Jackson, Cat Steven, Jemima Khan, Akon, The Wu-Tang Clan dan Gravediggaz, Dr Mahmet Oz, Mahershala Ali, Jermaine Jackson, Mike Tyson, Zayn Malik dan masih banyak lagi.

Tak seperti di Indonesia, Islam di Amerika merupakan agama minoritas. Apalagi belakangan, Islam menjadi agama yang cukup sensitif untuk dibicarakan secara terbuka di Negeri Paman Sam lantaran kebijakan Donald Trump.

Meski demikian, para selebriti di atas tetap berkarya. Nyaris tak ada pengotak-otakan perihal agama dari para pelakon seni saat membuat karya di Hollywood.

Mereka jauh lebih fokus pada karya terbaik ketimbang pusing memikirkan urusan pribadi untuk disorot media. Menjadi negara demokratik, Amerika memang membebaskan rakyatnya dalam beragama ataupun tidak.

Eksistensi seleb Muslim

Agama benar-benar tak menjadi benteng besar. Terbukti dari para selebriti Hollywood yang tetap bisa eksis di dunia hiburan meski menjadi kaum minoritas. Bahkan, mereka juga memiliki usia karier yang terbilang panjang.

Sebut saja Akon yang telah mengganti namanya menjadi Aliaune Damala Akon Thiam. Sebagai musisi, Akon diketahui telah merilis tiga album studio serta puluhan tur dunia bersama sejumlah musisi dunia lainnya.

Lantas, ada Mike Tyson. Juara tinju ini memang tidak terlahir sebagai Muslim. Namun, pengalaman hidup membuatnya terketuk untuk mempelajari Islam dan memutuskan untuk menjadi mualaf. Di ring tinju, nama Mike Tyson sudah tak diragukan lagi.

Pencapaian seleb Muslim di Hollywood

Beberapa waktu lalu, Mahershala Ali sukses membuat bangga umat Muslim dunia. Pasalnya, pria California 44 tahun silam ini berhasil menjadi aktor Muslim pertama yang memenangkan piala Oscar 2017 sebagai Aktor Pendukung Terbaik untuk film Moonlight.

"Aku ingin berterimakasih untuk para guru dan professorku. Satu hal yang mereka selalu katakan yakni, ini bukanlah tentang kamu. Ini bukan tentang kamu. Ini tentang karakter-karakter itu dan kamu adalah seorang pelayan. Kamu adalah pelayan untuk cerita-cerita dan para karakter ini," ujarnya dalam pidato kemenangan.

Selain Mahershala Ali, Dr Mehmet Oz juga sukses membuat pencapaian yang cukup besar. Pembawa acara kesehatan ini sukses mendunia hingga mendorongnya masuk sebagai salah satu muslim dari 500 muslim berpengaruh pada 2009.

Selain Mahershala Ali dan Dr Mehmet Oz, masih banyak selebriti lainnya yang juga sukses eksis dan mencapai perubahan besar dalam kariernya di Hollywood.

Loading