Sukses

Entertainment

Ed Sheeran Dituntut 100 Juta Dollar Gara-gara Thinking Out Loud

Fimela.com, Jakarta Musisi Ed Sheeran sedang dilanda masalah yang cukup serius. Gara-garanya, Ed dituduh melakukan tindak plagiarisme atas salah satu hits tersuksesnya.

Lagu yang dimaksud adalah Thinking Out Loud, karya yang mendatangkannya keuntungan jutaan dollar. Di balik kesuksesan yang diraih, ternyata ada pihak yang merasa dirugikan.

Mereka adalah keluarga dari musisi legendaris, Marvin Gaye. Pihak keluarga merasa Thinking Out Loud merupakan jiplakan dari karya Marvin berjudul Let's Get It On yang rilis 1973 lalu.

Mereka menuntut 100 juta dollar, atau setara dengan 143 triliun rupiah atas tudingan plagiarisme yang menyert nama Ed Sheeran. Angka yang sangat fantastis tersebut diajukan pihak keluarga melalui pihak pengelolaan aset pada 28 Juni kemarin.

Mirip?

Mendengar sekilas lagu Ed Sheeran dan Marvin Gaye, tentu akan langsung terasa kemiripan di antara keduanya. Yang paling signifikan adalah progresi chord yang sama dan tempo yang tidak jauh beda.

 

#marvingayeletsgetiton #ripmarvingaye #throwback

A post shared by Joey G Beatz (@joeygbeatz) on

Sementara nada dasar kedua lagu itu tidak sama. Let's Get It On dari Marvin Gaya bernada dasar E mayor, sementara Ed Sheeran mengambil di nada D mayor.

Gugatan Kedua

Tuntutan yang diajukan pihak keluarga ini rupanya merupakan yang kedua kali. Sebelumnya gugatan serupa dilakukan oleh ahli waris dari Edward Tonsen, Jr. yang tak lain adalah co-writer yang menulis lagu Let's Get It On bersam Marvin.

Sebagaimana dilansir dari Digital Spy, pihak Ed Sheeran dan Warner Music sampai saat ini belum memberi keterangan resmi terkait kasus ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading