Sukses

News & Entertainment

Tasya Kamila dan Artis Lain Rela Tinggalkan Rupiah demi Pendidikan

Bintang.com, Jakarta Siapa bilang jika punggawa entertainment atau akrab disebut selebritis seperti Tasya Kamila adalah kaum yang memilih untuk menomorduakan pendidikan. Memang, ketika kesempatan untuk berkarya di depan mata, dengan iming-iming rupiah begitu melimpah, menjadi alasan bagi beberapa selebritis untuk menunda kuliah.

Namun tak semua yang memilih untuk menuntut ilmu bahkan sampai ke negeri seberang. Tasya Kamila, merupakan salah satu artis yang memiliki cita-cita menuntut ilmu di luar negeri. Sebelumnya, Tasya tercatat merupakan mahasiswi Universitas Indonesia (UI) jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi angkatan 2010.

 

Mantan penyanyi cilik ini mampu menamatkan pendidikannya di universitas bergengsi di tanah air tersebut dalam waktu 3,5 tahun dengan predikat cumlaude. Tasya selanjutnya mengambil program Master di Columbia University, New York, Amerika Serikat jurusan Administrasi Publik.

Ia menjadi salah satu mahasiswa berprestasi yang mendapat beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Sekadar catatan, pelantun Anak Gembala ini menjadi 3 dari Indonesia dari 400 orang yang masuk Columbia University di angkatannya. Tasya sendiri menempuh pendidikan S2-nya selama 2 tahun dan lulus pada Mei 2018 lalu.

 

Banyak kisah yang dibagikan oleh Tasya Kamila saat dirinya menempuh pendidikan di Negeri Paman Sam tersebut. Bagaimana suka dan duka Tasya saat kuliah di New York dimana dirinya dituntut untuk hidup serba mandiri tanpa asisten apalagi manajer.

"Aku sebenarnya nggak tahu gimana di sana, kalau kebayang bisa lah masak-masak dikit. Tempat tinggal gak jauh dari kampus, aku bisa survive. Aku ingin menggali potensi, seberapa jauh bisa menaklukan tantangan hidup di luar negeri sendiri," ucap Tasya kala itu, sekira dua minggu sebelum keberangkatannya ke Amerika Serikat.

 

Sebuah perjuangan dalam perjalanan hidup Tasya Kamila telah tercatatkan. Tasya harus menghadapi masa sulit saat baru memulai hidup baru di New York yang memiliki tatar adat dan budaya yang berbeda. Lumrah, ketika biasanya ia 'dilayani' saat itu harus benar-benar mandiri.

Satu bulan adaptasi di lingkungan barunya, berat badan Tasya Kamila turun drastis. Menurutnya hal itu karena rasa tertekan yang dialami. "Karena stres. Tapi lama-lama sih udah terbiasa," ujar Tasya membagikan pengalamannya. 

Ujian juga datang ketika Tasya harus berhadapan dengan takdir bahwa sang ayah, Gatot Permadi Joewono, tutup usia pada Jumat, 24 Maret 2017. Ketika itu ia yang berada di negeri seberang harus mengikhlaskan kepergian sang ayah.

Menempuh pendidikan di luar negeri bukan semata akan mendapatkan ilmu pengetahuan saja. Seperti yang dituliskan Tasya di satu unggahan di akun Instagram-nya bahwa banyak pengalaman yang bisa didapatkan.

 

Seperti bagaimana beradaptasi dengan lingkungan baru, melangkah keluar dari zona nyaman dan melalui tantangan, mencoba hal-hal baru, belajar tentang budaya dan pemikiran yang berbeda dalam perspektif yang berbeda, serta memperluas jaringan pertemanan.

"Saya cukup beruntung tidak hanya membuat beberapa teman baru, tetapi juga mendapatkan keluarga," ungkap Tasya Kamila seraya mengunggah foto bersama teman-temannya yang dianggap sebagai rumah kedua.

Selesai Kuliah, Gapai Cita-Cita

Tasya Kamila bukan satu-satunya selebritis yang berprestasi pada bidang akademisnya. Beberapa lainnya juga mencatatkan diri pada deretan generasi muda selebritis tanah air yang menempuh pendidikan tinggi di negeri seberang.

Ayunda Faza Maudya atau akrab disapa Maudy Ayunda (23) salah satunya. Penyanyi, pemeran, dan bintang iklan ini merupakan jebolan dari Universitas Oxford, Inggris jurusan P.P.E (Politics, Philosophy, and Economics). Maudy memulai studinya pada September 2013 silam dan lulus dengan predikat cumlaude dalam waktu 3 tahun.

Saat ini, selain membangun karir di dunia entertainment, Maudy juga menaruh perhatian pada dunia politik dan ekonomu Indonesia, khususnya yang memberikan dampak langsung terhadap kehidupan anak muda.

 

Seperti Tasya Kamila, Cinta Laura juga sempat menuntut ilmu di Columbia University. Tak tanggung, di universitas tersebut ia mengambil dua jurusan sekaligus yaitu Psikologi dan Sastra Jerman. Pertengahan 2014, ia berhasil lulus dan memperoleh predikat cumlaude dengan nilai IPK 3,9 dalam waktu 3 tahun.

Cinta masih berusaha mewujudkan cita-citanya sebagai artis internasional saat ini. Film The Philosopher/After The Dark dan The Ninth Passenger menasbihkan jejaknya di industri hiburan Hollywood. Selain itu Cinta juga giat dalam berbagai aksi sosial seperti pendidikan juga duta dari Indonesia Againts AIDS.

 

Gita Gutawa juga menjadi deret artis penuh prestasi. Jurusan Ilmu Ekonomi di University of Birmingham diambilnya. Lulus dan menyandang gelar Sarjana, Gita tak puas. Ia melanjutkan pendidikan S2-nya di London School of Economics and Political Science (LSE).

Karena bakatnya di musik, Gita pun mencoba melebarkan sayap sebagai produser. Proyek Di Atas Rata-Rata (DARR) yang berisikan bakat-bakat baru di dunia musik dibesutnya. Lewat DARR, satu mimpi Gita tercapai.

Satu prestasi yang ditorehkan adalah ketika Lyodra Margaretha Ginting menyabet juara pertama Festival Sanremo Junior yang digelar di Kota Sanremo, Italia. Lyodra menjadi juara dari 23 peserta dari 18 negara peserta.

Nama artis lain yang juga pernah mengenyam pendidikan di luar negeri dan meninggalkan dunia hiburan sejenak adalah Iqbaal Ramadhan. Kini, setelah lulus, Iqbaal kembali disibukkan dengan jadwal syuting film layar lebar. 

Tunggu Kami Kembali

Menyusul seniornya di dunia entertainment, beberapa artis muda pun menempuh pendidikan di luar negeri. Teuku Rassya, putra sulung Tamara Bleszinsky dari pernikahannya dengan Teuku Rafly Pasya memilih kuliah di Conventry University, London, Inggris.

Setahun lagi, Rassya akan menyelesaikan pendidikannya di jurusan Global Bussiness Management. Rencananya, setelah lulus nanti Rassya masih akan tetap menekuni karirnya sebagai pemeran. Selain itu, ia juga akan memanfaatkan ilmunya untuk berbisnis.

 

Valerie Thomas menjadi nama artis muda yang juga memilih kuliah di luar negeri. Ia merupakan anak pasangan Jeremy Thomas dan Ina Thomas. Goldsmiths University of London menjadi pilihannya.

"Aku ambil (jurusan) Media and Psychology. Aku suka akting, baca peran. Psikologi akan membantu ketika kita mau mengetahui atau membantu orang lebih banyak, aku suka mendalami karakter," kata Valerie kala itu.

 

Menjadi baris paling muda adalah Ahmad El Jalaluddin Rumi, putra Ahmad Dhani dan Maia Estianty yang akrab disapa El Rumi. Ia akan mengenyam pendidikan jurusan Bisnis di University of London.

Sekadar catatan tentang El Rumi adalah dirinya pernah menjalani uji tes kemampuan, dan skor yang didapatkan El memiliki IQ 142. Ia juga merupakan siswa yang meraih peringkat kedua di sekolahnya dengan nilai UN tertinggi mencapai 85,54.

El Rumi menempuh pendidikannya di Negeri Ratu Elizabeth semenjak pertengahan tahun 2017 silam. Selain El Rumi, Gisela Cindy dan Shaloom Razade juga masih menyelesaikan studinya di luar negeri. Tentu saja dalam beberapa tahun ke depan El Rumi dan artis lainnya akan pulang ke tanah air membawa ilmu yang telah mereka pelajari.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tasya Kamila Sebut Mendiang Ayah Jadi Alasannya Sekolah Tinggi
Artikel Selanjutnya
Hadiah Perpisahan Maudy Ayunda untuk Anak Indonesia