Sukses

Entertainment

Jatuh Bangun Anggun C Sasmi Bangun Karier di Manca Negara

Fimela.com, Jakarta Sukses di belantika musik Indonesia, Anggun C Sasmi melebarkan sayapnya ke kancah dunia. Karier cemerlang di tanah air ia tinggalkan demi obsesinya untuk go international. Semua berawal dari keinginannya menjadi artis kelas internasional pada tahun 1994. 

Empat tahun setelah go international, Anggun baru berhasil merilis album pertamanya untuk bertajuk, Snow on the Sahara pada tahun 1997. Lagu ini dipasarkan di 33 negara di seluruh dunia, salah satunya di Amerika Serikat atas bantuan Erick Benzi. Setelah itu, Anggun telah menghasilkan 5 album internasional yang direkam dengan dua versi, bahasa Inggris dan bahasa Perancis. 

Tak hanya itu, wanita kelahiran Jawa itu juga sudah berkolaborasi dengan artis mancanegara. Seperti Julio Iglesias, Peter Gabriel, Pras Muchel (The Fugees), Il Divo, David Foster dan Melanie C (Spice Girls). 

Sukses dengan segala prestasi, dirinya pun akhirnya menjadi juri di ajang pencarian bakat nyanyi di salah satu televisi swasta. Kemudian Anggun satu-satunya orang Indonesia menjadi juri Asia'n Got Talent (2015).

Anggun merupakan penyanyi Indonesia pertama yang berhasil menembus industri musik internasional dan album-albumnya telah meraih penghargaan gold dan platinum di beberapa negara Eropa. Selain itu beberapa penghargaan lain telah pula diraih Anggun atas pencapaiannya, termasuk di antaranya anugerah prestisius "Chevalier des Arts et Lettres" dari pemerintah Perancis dan "World's Best Selling Indonesian Artist" dari World Music Awards sebagai artis Indonesia dengan penjualan album tertinggi di seluruh dunia.

Anggun juga telah dua kali didaulat menjadi duta global Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yaitu untuk program Mikrokredit pada tahun 2005 dan Food and Agriculture Organization (FAO) pada tahun 2009. 

Namun sayang ternyata kariernya di dunia musik tak didukung pemerintah Indonesia. Sehingga, kala itu Anggun pun memilih menjadi Warga negara Perancis, yang sudah memberikan sumbangsih padanya. Atas pilihannya tersebut ada beberapa orang yang menghujat dirinya. Bahkan ada yang mengatakan Anggun bak kacang yang lupa kulit.

"Yang aku enggak sukanya dengan pertanyaan seperti ini, kesannya banyak orang enggak tahu. Padahal aku sudah ke kanan kiri menjelaskan kenapa aku pindah kewarganegaraan. Aku ganti kewarganegaraan karena tidak dibantu pemerintah Indonesia," jawab Anggun dalam salah satu pertanyaan.

Kiprah  Anggun C Sasmi yang sudah tersohor ternyata mendapat perhatian dari salah satu museum yang khusus membuat patung lilin tokoh-toloh terkenal.  Museum Madame Tussauds di London, Inggris memutuskan untuk membuat patung lilin Anggun. Patung itu nantinya akan dipajang di Museum Madame Tussauds yang ada di Bangkok, Thailand.  

Deretan Tembang Anggun C Sasmi yang Mendunia

Anggun C Sasmi mulai sukses di pentas internasional setelah single Snow On The Sahara hits. Ia menjadi legenda Asia sebagai artis kelahiran Indonesia pertama (dan satu-satunya hingga kini) dalam sejarah yang bisa menduduki Billboard charts sebanyak tiga kali: Adult Pop 40 (posisi 22), Dance Songs (posisi 16) dan album Heatseekers (posisi 23).

Kemudian yang terbaru, single  What We Remember  menjadi bagian pertama dari album internasional "8" yang dirilis oleh Universal Music Asia itu bertengger di Top 10 Billboard Dance Charts di Amerika Serikat. Bahkan selama 3 minggu berturut-turut, seperti terlihat dalam situs Billboard.

Raihan ini merupakan posisi tertinggi yang pernah diraih oleh Anggun di tangga lagu bergengsi tersebut. Artis kelahiran Indonesia itu pun meluapkan kegembiraannya setelah mendengar kabar baik itu. 

"Sungguh menakjubkan. Lagu ini mendapatkan begitu banyak dukungan dari komunitas dance di Amerika Serikat, sungguh hebat," ujar Anggun dalam sebuah pernyataan melalui rilis yang diterima Liputan6.com, Selasa (6/3/2018).

"Saya sangat bahagia mengetahui bahwa orang-orang di Amerika berdansa dengan lagu saya! Saya berharap dapat datang pada musim panas mendatang ke Amerika Serikat karena tanggapan yang luar biasanya ini," lanjut Anggun.

Sudah bukan WNI, Lagu Terakhir Anggun C Sasmi Gunakan Bahasa Indonesia

Anggun C Sasmi sudah resmi tak menjadi warga Indonesia, dirinya pun memilih untuk menjadi warga Perancis. Hal ini dikarenakan pemerintah Indonesia tak mendukung karyanya di dunia musik. 

Meski sudah go international dan menjadi  warga negara Prancis, Anggun C Sasmi rupanya masih bangga dengan budaya Jawa. Ia pun menegaskan dirinya sebagai orang Jawa lewat postingan di Instagram lada Juli 2016 lalu. 

"Orang Jawa. Je suis Javanaise (saya orang jawa). I am a Javanese woman," tulis Anggun dalam keterangan foto. Ia juga memperlihatkan pose menawannya dalam sebuah potret bernuansa sephia.

Yang terbaru, Anggun C Sasmi merilis lagu terbaru dengan lirik bahasa Indonesia, Siapa Bilang Engak Bisa. Pertama kali kabar ini diketahui dari akun media sosialnya. Dalam lagu tersebut Anggun C Sasmi ingin memberikan semangat kepada kaum perempuan yang ingin meraih mimpi-mimpinya. 

Tak hanya itu, Anggun C Sasmi juga bangga serta terharu terpilih menjadi penyanyi di opening ceremony of Asian Games di Jakarta pada (18/8/2018) lalu.  “Saya sangat bangga dan terharu, dipilih untuk bernyanyi di opening ceremony of Asian Games di Jakarta bersama kawan-kawan artis besar Indonesia,” tulis Anggun.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading