Sukses

News & Entertainment

Cara perlakukan anak berkebutuhan khusus versi Dewi Yull

Fimela.com, Jakarta Dewi Yull menyebut salah satu hambatan perkembangan anak berkebutuhan khusus adalah keluarga, tepatnya saat mereka memiliki rasa malu dan tak bisa menerima ketidaksempurnaannya.

"Anak-anak berkebutuhan khusus terutama tuli itu biasanya hambatannya adalah keluarganya, (karena keluarga) udah malu dengan kekurangan anak," kata Dewi Yull saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (7/10/2018).

"Keluarga yang malu dengan anak berkebutuhan khusus, sama aja seperti mereka mendorong psikologis buah hatinya untuk menjadi tidak berdaya," tambahnya. Menurut Dewi Yull, sikap dan pemikiran seperti itu juga bisa menghambat perkembangan anak dan menghilangkan kesempatan untuk mendapat perlakuan sama seperti anak-anak lain yang terlahir normal.

"Sehingga bagaimana dia bisa menguatkan anaknya, kalau orang tuanya tertekan secara psikologis dan sosial," ujarnya. Oleh karena itu, penyanyi senior tersebut meminta kepada orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus untuk tidak mematahkan semangat sang buah hati, serta tidak memaksakan kehendaknya sendiri.

"Ketika anak punya semangat, sudah yakin dan percaya diri dengan dirinya, orang tua jangan mematahkan semangatnya dengan memaksakan kehendak, karena kemampuan anaknya itu terbatas," papar Dewi Yull.

Artikel Selanjutnya
Resmi Jadi Suami Orang, Anak Dewi Yull Tunda Resepsi Pernikahan
Artikel Selanjutnya
Kena bencana di Palu, Dewi Yull ajak ponakan tinggal di Jakarta