Sukses

Entertainment

Titi Qadarsih artis serbabisa yang pernah masuk nominasi Piala Citra

Fimela.com, Jakarta Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Indonesia. Artis senior Titi Qadarsih diberitakan meninggal dunia hari ini, Senin (22/10), di usia 73 tahun. Titi merupakan ibu dari Indra Chandra Setiadi alias Indra Q, personil band BIP yang juga mantan personil Slank.

Kabar duka ini sendiri langsung disampaikan Indra Qadarsih melalui media sosial. Semasa hidupnya, Titi Qadarsih termasuk artis serbabisa. Di dunia film, ia sempat bermain di sejumlah film layar lebar dan jadi pengisi suara Christine Hakim di era 70-an. Seperti diketahui, Christine Hakim ini mulai bermain film sejak tahun 1973 lewat Cinta Pertama.

Di film tersebut Christine berhasil mendapatkan Piala Citra di FFI 1974. Di Cinta Pertama dan beberapa film lagi di era 70-an, suara Christine Hakim ternyata diisi atau di dubbing oleh Titi Qadarsih. Kabarnya, suara aktris kelahiran 25 Desember 1956 itu dianggap terlalu berat dan kurang sesuai dengan beberapa peran yang dibawakannya.

Karena itu dalam beberapa film di awal karirnya, Titi Qadarsih dipilih untuk mengisi suara Christine Hakim. Meski usianya lebih tua beberapa tahun, suara Titi yang terkesan agak manja dan seperti remaja dianggap cocok jadi dubber Christine Hakim.

Titi sendiri juga dikenal sebagai pemain film dan dubber selain sebagai penyanyi, penari dan peragawati. Titi Qadarsih yang sudah bermain film sejak tahun 1966 sempat vakum dari dunia hiburan untuk fokus mengurus sekolah senam dan menari miliknya. Ia pernah menjadi nominator di kategori Aktris Pendukung Terbaik di FFI 1982 lewat aktingya di film Jangan Ambil Nyawaku.

Titi sempat kembali ke dunia akting beberapa tahun lalu seperti di film Madre (2013), Main Dukun (2014) dan terakhir di From London to Bali (2017) yang dibintangi Ricky Harun dan Nikita Willy. Selamat jalan Titi Qadarsih.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading