Sukses

Entertainment

Tantangan Shelomita di Film Kolaborasi Indonesia Malaysia, Zharfa

Fimela.com, Jakarta Penyanyi Shelomita menambah filmografinya dengan bermain untuk film berjudul Zharfa. Dalam film kolaborasi antara Indonesia dan Malaysia itu, wanita 43 tahun tersebut memerankan tokoh Nadya, seorang wanita Indonesia yang lama tinggal di Malaysia.

Ditemui dalam peluncuran trailer dan poster film produksi Mr.Rius Production itu, pemilik nama lengkap Shelomita Diah itu pun menceritakan kendala yang ia alami selama proses syuting, salah satunya adaptasi dari segi bahasa.

"Tantangan pertama itu saya harus berbahasa Malaysia, dan itu kayak dapetnya belakangan banget. Jadi saya bener-bener belajar berbicara dengan logat Malaysia dan istilah Malaysia. Banyak bahasa Malaysia kan beda sama kita, jadi kata-katanya harus tepat," ujar Shelomita, Senin (12/11/2018).

 

Beruntung bagi Shelomita, ia memiliki kerabat yang akrab dengan bahasa melayu di Malaysia. Tak ayal, ia pun memanfaatkan kemahiran kerabatnya itu untuk belajar berbahasa Malaysia.

"Alhamdulillah baru dapat ipar orang Singapura Malayu, jadi saya lumayan kirim skrip-skrip film saya ke dia, saya bilang, 'tolong dong kamu ngomong pake voice note kalau kalimat seperti ini gimana ngomongnya'. Jadi dia kasih contoh," terangnya.

 

Kisah Film Zharfa

Disamping itu, anak dari Marini Soerjosoemarno itu pun cukup beruntung memiliki beberapa lawan main yang memang asli orang Malaysia. Alhasil, sebelum pengambilan gambar, Shelomita mencuri waktu untuk semakin memperlancar tata bahasa Malaysianya di lokasi syuting.

"Kemudian pada saat si Kaka (Azraff) datang di lokasi, selalu saya latihan dulu sebelum akting. Saya ngobrol dulu sama Kaka, enaknya ngomongnya begini, jadi akhirnya saya yakin dan pede. Mudah-mudahan nggak ada salahnya," pungkas Shelomita.

Film Zharfa pada intinya bercerita mengenai kisah perjalanan hijrah seorang wanita dengan berbagai cobaan yang dilalui. Karakter Zharfa (Kaka Azraff) digambarkan sebagai wanita yang tomboy, berwatak keras, dan pemberontak yang terdampar di sebuah pesantren di pedalaman Jawa Barat.

 

Keberadaan Zharfa di pesantren tersebut lantaran kerap bertengkar dengan ayah tirinya. Meski lekat dengan nuansa religi, film yang diproduseri oleh Yudi Pratito itu juga menyelipkan unsur kekeluargaan yang cukup kuat.

Mengambil lokasi syuting dibeberapa tempat di Indonesia dan Malaysia, film Zharfa rencananya juga akan tayang di dua negara tersebut. Indonesia dijadwalkan akan menjadi tempat pertama tayang pada 2019 mendatang.

Seperti film kolaborasi pada umumnya, aktor-aktor yang terlibat juga berasal dari Indonesia dan Malaysia. Selain Shelomita (Nadya), ada Kaka Azraff yang memerankan tokoh Zharfa, nama-nama lain yang terlibat antara lain Donny Alamsyah (Fuqron Ali), Betari Ayu (Aminah), Piet Pagau (Kyai Soleh), dan beberapa lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading